Skip to content
Home » 5 Contoh Majas Perbandingan dan Pengertiannya

5 Contoh Majas Perbandingan dan Pengertiannya

Majas perbandingan adalah suatu gaya bahasa yang sering digunakan dalam karya sastra dan puisi. Dalam majas perbandingan, penulis membandingkan satu hal dengan yang lain dengan menggunakan kata-kata atau ungkapan yang memberikan gambaran yang lebih baik tentang subjek yang dibicarakan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lima contoh majas perbandingan dan pengertiannya.

  1. Simile

Simile adalah bentuk perbandingan yang digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda secara langsung. Kata-kata seperti "seperti" dan "seperti" sering digunakan dalam simile.

Contohnya adalah: "Dia panjang seperti pohon pinus yang menjulang tinggi ke langit".

  1. Metaphor

Metaphor adalah bentuk perbandingan yang digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda secara tidak langsung. Kata-kata seperti "adalah" dan "seperti" sering digunakan dalam metafora.

Contohnya adalah: "Saat Paman Henry masuk ruangan, dia adalah mata-mata yang mengintip setiap gerakan yang saya lakukan".

  1. Personifikasi

Personifikasi adalah bentuk perbandingan yang memperoleh sifat manusia pada objek-non-kehidupan, hewan, atau makhluk abstrak.

Contohnya adalah: "Angin bertiup keras menyapu langit, teriakan-teriakan mereka yang memohon ampun pun terdengar ketika angin bertiup dengan kencang".

  1. Hiperbola

Hiperbola adalah bentuk perbandingan yang sangat berlebihan. Dengan kata lain, itu adalah bentuk perbandingan yang sangat berlebihan dari kenyataan.

Contohnya adalah: "Kemarin aku sendirian di rumah, jadi aku makan seluruh kotak pizza sendiri!"

  1. Eufimisme

Eufimisme adalah bentuk perbandingan yang digunakan untuk merendahkan arti sesuatu dengan mengganti kata kasar atau kasar dari sesuatu menjadi halus dan sopan.

Contohnya adalah: "Dia ‘berpulang ke hadirat Yang Maha Kuasa", adalah salah satu eufimisme yang sering digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang sudah meninggal dunia.

BACA JUGA:   Pakar Kimia yang Menyatakan Hukum Perbandingan Volume Adalah...