Skip to content
Home » 5 Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

5 Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Sebelum melewati tahapan wawancara kerja, ada baiknya kamu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin dapat menguntungkan atau merugikan proses wawancara kerja yang akan kamu jalani. Mengetahui 5 kelebihan dan kekurangan saat interview berikut ini akan membantumu untuk lebih siap menghadapi wawancara kerja dan meningkatkan kesempatan untuk diterima bekerja di perusahaan yang kamu lamar.

Kelebihan

1. Pengalaman Kerja yang Membantu

Pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar adalah keuntungan utama yang bisa membedakanmu dengan pesaing lain di kantong kerja yang sama. Pengalaman kerja bisa menjadi bukti bahwa kamu sudah mengetahui tanggung jawab dan kiat yang dibutuhkan untuk bekerja pada posisi tersebut.

2. Kesiapan Mental yang Meningkat

Seiring dengan semakin intensnya persiapan saat melakukan wawancara kerja, meningkatkan kesiapan mental mutlak dilakukan. Kesiapan mental akan meningkatkan kepercayaan diri, ketenangan dan juga fokus selama proses wawancara kerja, sehingga dapat memberikan kesan baik bagi perusahaan yang kamu lamar.

3. Memperlihatkan Kemampuan Komunikasi yang Baik

Dalam wawancara kerja, kemampuan komunikasi dapat menjadi faktor penentu yang sangat penting. Kemampuan komunikasi yang baik adalah kelebihan, akan mempermudahmu dalam menjawab pertanyaan interview dan memperlihatkan kemampuanmu dalam keterampilan kerja kolaborasi.

4. Memperlihatkan Antusiasme yang Tinggi

Antusiasme yang tinggi selama proses wawancara kerja dapat memperlihatkan semangatmu dalam mengejar karir yang diimpikan, dan menunjukkan bahwa kamu benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut.

BACA JUGA:   Acer Aspire V5 171: Kelebihan dan Kekurangan

5. Lingkungan Kerja yang Sesuai dengan Perspektifmu

Jika sukses dalam tahap wawancara kerja, kamu akan melangkah ke hal yang baru dalam karirmu. Kamu akan menghabiskan sebuah periode waktu yang panjang di kantor yang sama. Jika lingkungan kerja tersebut sesuai perspektifmu, ke depannya kamu bisa lebih produktif dalam bekerja dan merasa nyaman di kantor.

Kekurangan

1. Rasa Gelisah dan Tegang

Sebelum menjalani proses wawancara kerja, rasa gelisah dan tegang seringkali menyerang. Meskipun kamu sudah mempersiapkan dengan matang pertanyaan interview, rasa gelisah dan tegang dapat mengganggu kinerja dan kemampuanmu dalam menjawab pertanyaan dengan baik.

2. Pengalaman Kerja yang Kurang Memadai

Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup, hal ini bisa menjadi hambatan dalam proses wawancara kerja. Namun, kamu bisa mengimbangi dengan memperlihatkan skill atau keterampilan yang dibutuhkan pada posisi tersebut.

3. Meningkatnya Persaingan Kerja

Persaingan kerja yang intens seringkali menjadi kekurangan bagi sebagian besar pelamar kerja, terutama jika posisi yang kamu lamar sangat diincar oleh banyak orang. Dalam hal ini, kamu harus mampu memperlihatkan kelebihan diri agar dapat bersaing dengan calon pelamar lainnya.

4. Tidak Memperhatikan Detail Pada Lamaran Kerja

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, sebaiknya selesaikan dengan detail dan teliti, terutama pada amsalah penulisan dan format. Kurangnya perhatian terhadap detail ini bisa menjadi kekurangan dalam proses wawancara kerja.

5. Tidak Mengenal Perusahaan dengan Baik

Mengenal perusahaan dengan baik menjadi hal penting sebelum memutuskan untuk melamar. Beberapa perusahaan memiliki sistem dan lingkungan kerja yang berbeda. Tanpa mengetahui karakter perusahaan, kamu belum bisa mempersiapkan diri dengan baik terhadap pertanyaan interview yang muncul.

Kesimpulan

Dalam proses wawancara kerja, kelebihan dan kekurangan harus menjadi nilai tambah bagi dirimu sebagai pelamar kerja. Ketahuilah kelebihan dan kekurangan diri secara bersamaan untuk memperlihatkan bahwa kamu siap untuk bekerja dan mampu mengaplikasikan karakteristik dan kualitas personalmu bagi posisi yang diincar pada perusahaan yang kamu lamar. Jangan lupakan pentingnya memperhatikan detail saat mempersiapkan lamaran kerja dan proses interview wawancara kerja agar memberikan kesan positif bagi perusahaan yang kamu tuju.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Salad Buah