Skip to content
Home » Beda Blackmores Kalbe dan Australia

Beda Blackmores Kalbe dan Australia

Apa Itu Blackmores dan Kalbe?

Sebagaian besar orang Indonesia pasti sudah mengenal dua perusahaan farmasi besar yakni Blackmores dan Kalbe. Kedua perusahaan ini memang terkenal dengan produk-produk vitamin & suplemen yang tersedia di pasaran. Namun, tahukah Anda bahwa kedua perusahaan tersebut berasal dari negara yang berbeda?

Blackmores: Asal Australia

Blackmores adalah sebuah perusahaan farmasi yang berasal dari Australia. Produk-produk yang dihasilkan oleh Blackmores umumnya difokuskan pada suplemen kesehatan seperti vitamin, mineral, dan herbal. Blackmores sendiri telah hadir di Indonesia sejak tahun 1979.

Produk-produk Blackmores di Indonesia berbeda dengan Australia. Hal ini dikarenakan izin edar atau registrasi produk Blackmores di Indonesia yang berbeda dengan Australia. Meskipun begitu, produk Blackmores yang tersedia di Indonesia tetap dijamin kualitasnya karena telah melalui proses pengecekan dan standarisasi yang ketat.

Kalbe: Asal Indonesia

Kalbe Farma adalah perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Produk-produk Kalbe sendiri lebih beragam, terdapat obat-obatan, suplemen kesehatan, serta produk-produk diet. Kalbe juga tercatat sebagai perusahaan farmasi terbesar di Asia tenggara.

Perbedaan Produk Blackmores dan Kalbe

Tentu, perbedaan asal perusahaan membawa perbedaan dalam produk-produk yang dihasilkan. Contohnya, Blackmores banyak menghasilkan produk herbal seperti ekstrak ginkgo biloba, sementara Kalbe lebih fokus pada produk suplemen kesehatan seperti vitamin C.

Sekali lagi, perlu kami ingatkan bahwa izin edar produk-produk ini juga berbeda, bahkan antara produk-produk Blackmores Indonesia dengan Blackmores Australia. Produk-produk Blackmores yang dijual di Indonesia tentu telah melalui proses pengecekan dan standarisasi yang ketat oleh otoritas yang berwenang.

Harga Produk Blackmores dan Kalbe

Kita tahu bahwa harga adalah salah satu faktor krusial saat membeli suatu produk. Lalu, bagaimana dengan harga produk-produk Blackmores dan Kalbe?

BACA JUGA:   Meningkatkan Kenyamanan Berkendara dengan Xenia Double Blower

Harga produk Blackmores sendiri sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk Kalbe. Hal ini bisa jadi dikarenakan Blackmores lebih fokus pada bahan-bahan herbal yang cukup sulit dicari.

Kesimpulan

Blackmores dan Kalbe memang berasal dari negara yang berbeda, tentu saja produk yang dihasilkan pun berbeda-beda. Produk produk Blackmores biasanya lebih mengarah pada produk herbal, sementara Kalbe lebih fokus pada produk suplemen kesehatan. Di Indonesia, kaum milenial umumnya cenderung memilih produk Blackmores karena dianggap lebih natural dan aman. Namun, tentu saja harga produk Blackmores pun sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk Kalbe.

Namun apapun pilihannya, penting bagi kita untuk memilih produk-produk yang sudah terdaftar dan terjamin keamanannya di Indonesia.