Skip to content
Home » Kelebihan dan Kekurangan Metode Demonstrasi

Kelebihan dan Kekurangan Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi atau pembelajaran melalui demonstrasi adalah salah satu metode dalam pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Metode ini memungkinkan guru untuk menunjukkan secara langsung suatu konsep atau prinsip dengan menggunakan alat peraga atau bahkan melalui percobaan yang langsung dihadapi siswa. Namun, seperti metode lainnya, metode demonstrasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan secara cermat.

Kelebihan Metode Demonstrasi

  1. Memudahkan pemahaman siswa

Metode demonstrasi memungkinkan siswa untuk melihat, merasakan, dan memahami materi pelajaran secara langsung. Dalam hal ini, metode demonstrasi menjadi sangat membantu bagi siswa yang sulit memahami konsep atau prinsip tanpa melihat langsung seberapa besar dampak dari materi pelajaran tersebut.

  1. Tingkat partisipasi siswa yang tinggi

Siswa bisa secara langsung mengamati dan mengalami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru mengikuti proses demonstrasi, artinya tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran ini bisa lebih tinggi. Selain itu, melalui metode ini, siswa juga dapat mengembangkan kreativitas untuk merancang percobaan atau metode demonstrasi berikutnya.

  1. Efektif untuk membantu siswa yang memerlukan pengalaman langsung

Metode demonstrasi sangat efektif bagi siswa yang memerlukan pengalaman langsung untuk mengerti materi pelajaran. Proses demonstrasi memungkinkan siswa untuk melihat, merasakan, dan mengalami sendiri bagaimana suatu konsep atau prinsip bekerja.

Kekurangan Metode Demonstrasi

  1. Biaya yang tinggi

Metode demonstrasi memerlukan lebih banyak dana atau biaya yang diperlukan untuk membeli bahan-bahan dan tempat-tempat khusus yang dibutuhkan. Sebagian besar dari alat-alat ini sangat mahal sehingga bila tidak diurus dengan tepat bisa menjadi pengeluaran yang besar untuk institusi atau kelas yang memakainya.

  1. Waktu yang lebih lama

Metode demonstrasi memang sangat efektif, namun hal tersebut memerlukan waktu yang lebih lama bagi guru untuk mempersiapkan dan melaksanakan demonstrasi. Proses ini membutuhkan persiapan yang cermat dan terperinci, termasuk memastikan semua alat dan bahan yang diperlukan siap dan tersedia.

  1. Tidak cocok untuk semua jenis pelajaran
BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung

Metode demonstrasi tidak cocok untuk semua jenis pelajaran dan topik. Beberapa materi pelajaran memerlukan pendekatan lain, seperti kuliah atau diskusi kelompok. Misalnya, saat mempelajari konsep fisika yang kompleks, kuliah dengan menunjukkan persamaan matematika dan jalan panjang untuk memahami konsep tersebut lebih relevan.

Kesimpulan

Metode demonstrasi adalah teknik pembelajaran yang sangat berguna dalam situasi tertentu, seperti untuk memudahkan pemahaman siswa, meningkatkan partisipasi siswa, dan membantu siswa memerlukan pengalaman langsung untuk memahami materi pelajaran. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan seperti biaya yang tinggi, waktu yang lebih lama, dan kurang cocok untuk semua jenis pelajaran. Oleh karena itu, guru dan pengajar yang cerdas akan memilih strategi pembelajaran yang terbaik dan paling cocok dengan tujuan instruksional dan konten pelajaran.