Skip to content
Home » 7 Manfaat Minum Kopi pada Kesehatan Manusia yang Selama Ini Tidak Disadari

7 Manfaat Minum Kopi pada Kesehatan Manusia yang Selama Ini Tidak Disadari

Kopi adalah salah satu minuman yang paling disukai di dunia. Banyak orang yang meminum kopi ketika ingin merasa segar dan terjaga dari rasa kantuk. Namun, selama ini banyak orang hanya menikmati kopi tanpa mengetahui manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya, minum kopi menyimpan banyak manfaat yang berguna untuk tubuh manusia. Berikut adalah tujuh manfaat minum kopi yang tidak disadari oleh banyak orang.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Kafein dalam kopi adalah stimulan yang paling populer di dunia. Ketika kafein masuk ke dalam tubuh, maka akan langsung masuk ke otak dan memicu pelepasan neurotransmitter seperti dopamin dan norepinefrin. Ini akan meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki suasana hati serta meningkatkan waktu reaksinya. Tak heran, banyak orang yang meminum kopi ketika ingin menghindari rasa kantuk saat belajar atau bekerja.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kopi mengandung antioksidan yang baik untuk jantung, seperti chlorogenic acid dan polyphenols. Dua zat tersebut membantu melindungi pembuluh darah di jantung dan mencegah penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang meminum 3-4 cangkir kopi sehari lebih jarang mengalami masalah jantung dan stroke.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Minum kopi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan laju metabolisme sebesar 3-11%. Hal ini akan membantu tubuh membakar lemak lebih banyak, termasuk lemak yang terkait dengan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

4. Melindungi Liver

Kopi juga memiliki manfaat untuk melindungi liver atau hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi secara teratur mengalami penurunan risiko untuk penyakit hati, seperti sirosis. Zat dalam kopi dapat membantu meningkatkan enzim hati yang membantu melindungi hati dari kerusakan.

BACA JUGA:   Review L'Oreal Infallible Pro Matte Powder di Indonesia

5. Melawan Kanker

Kopi dapat membantu dalam perlindungan terhadap beberapa jenis kanker. Kandungan antioksidan dalam kopi dapat membantu menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh manusia yang menjadi penyebab kanker. Dalam beberapa penelitian, konsumsi kopi secara rutin dapat memberikan perlindungan terhadap kanker hati, payudara, dan kolon.

6. Meningkatkan Kinerja Fisik

Kopi juga membantu meningkatkan kinerja fisik seseorang. Studi menunjukkan bahwa minum kopi sebelum olahraga dapat meningkatkan performa olahraga seseorang hingga 12%. Hal ini disebabkan karena kopi dapat meningkatkan laju metabolisme, meningkatkan pelepasan asam lemak, dan memberi energi lebih pada tubuh.

7. Meningkatkan Mood

Kopi dapat membantu meningkatkan mood seseorang. Kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan produksi neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin, yang dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan santai.

Kopi memang memiliki banyak manfaat yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Namun, tetap ingat bahwa memperhatikan pola makan, gaya hidup, dan batasan meminum kopi tetap menjadi kuncinya. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kopi, batasi minuman ini hingga 3-4 cangkir per hari. Dengan begitu, terhindar dari efek sampingnya seperti susah tidur atau jantung berdebar. Dalam jangka pendek, meminum kopi dapat membantu mendapatkan energi dan fokus lebih selagi dalam bekerja atau belajar. Namun dalam jangka panjang, kandungan antioksidan dalam kopi dapat membantu memperlambat penuaan.

Kesimpulan

Dari artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa minum kopi dalam takaran yang sehat mencakup banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh, melindungi liver, melawan kanker, meningkatkan kinerja fisik, hingga meningkatkan mood. Namun, ingat tetap batasi konsumsi kopi sehat pada 3-4 cangkir per hari. Dengan konsumsi kopi sehat dan seimbang, Anda akan merasakan manfaat kesehatannya.

BACA JUGA:   Jalur Spul Supra X 125: Cara Memperbaiki Masalah Kelistrikan Motor