Skip to content
Home » Apa Beda iPhone 6 dan 6s?

Apa Beda iPhone 6 dan 6s?

Jika Anda seorang penggemar gadget, pasti sudah mengenal dengan baik iPhone 6 dan iPhone 6s yang dirilis oleh Apple. Kedua produk ini merupakan smartphone paling populer di dunia, karena fitur yang ditawarkan sangat mengesankan. Namun, apa bedanya antara iPhone 6 dan 6s?

Desain

Ketika dilihat dari sisi desain, kedua produk memiliki kesamaan yang mencolok. Ketebalan iPhone 6s dan iPhone 6 sama, yakni 7,1 mm. Keduanya juga memiliki layar IPS LCD dengan ukuran 4,7 inci. Perbedaan terlihat pada bahan yang digunakan untuk membuat bagian belakangnya, bagian ini pada iPhone 6 terbuat dari aluminium standar, sedangkan iPhone 6s menggunakan bahan aluminium seri 7000, yang lebih tahan lama.

Perbedaan pada Kamera

Perbedaan terbesar dari iPhone 6 dan 6s memiliki kartu kamera. Meskipun kamera belakang pada kedua produk memiliki resolusi yang sama dengan 8 megapiksel, namun iPhone 6s memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas 4K yang tidak dimiliki oleh iPhone 6. Selain itu, iPhone 6s juga menambahkan teknologi rana depan "Retina Flash" yang memungkinkan pemotretan selfie bahkan di tempat yang minim cahaya.

Kecepatan dan Kinerja

iPhone 6 dan iPhone 6s memiliki processor yang berbeda. iPhone 6 memakai sistem chip A8, sedangkan iPhone 6s menggunakan chip A9. Perbedaan lain terletak pada penyimpanan. iPhone 6 dan iPhone 6s tersedia dalam kapasitas yang sama, mulai dari 16 GB, 64 GB, hingga 128 GB. Namun, iPhone 6s menggunakan teknologi penyimpanan flash NAND 2.0 yang lebih cepat dibanding yang digunakan dalam iPhone 6.

Perbedaan Fungsi

Karena iPhone 6s menggunakan chip yang lebih baru, sehingga membuka dan berpindah aplikasi jauh lebih cepat dibanding iPhone 6. Selain itu, iPhone 6s memiliki fitur inovatif baru yang disebut "3D Touch" yang memungkinkan pengguna untuk menekan layar dengan berbagai tekanan, untuk melakukan tugas yang berbeda. Sedangkan fitur baru ini tidak tersedia di iPhone 6.

BACA JUGA:   Kipas Supra X 125 FI - Sepeda Motor Kelas Wahid

Kesimpulan

Meskipun iPhone 6 dan iPhone 6s memiliki banyak kesamaan dari sisi desain, kedua produk tersebut memiliki perbedaan yang signifikan saat kita melihat dari sisi fungsi. Jadi, ada banyak alasan untuk mempertimbangkan membeli iPhone 6s daripada iPhone 6. Dikarenakan perbedaan signifikan pada peningkatan kamera, processor, dan kemampuan teknologi penyimpanan nya. Bagi Anda yang ingin upgrade dari iPhone 6, maka iPhone 6s merupakan pilihan yang lebih baik karena perbedaan teknologi dari setiap fiturnya.