Skip to content
Home » KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DEMOKRASI PANCASILA MASA ORDE BARU

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DEMOKRASI PANCASILA MASA ORDE BARU

Pada masa Orde Baru, Indonesia dikenal sebagai negara yang merupakan negara berdasarkan sistem pancasila. Negara ini dikenal untuk sistem politiknya yang berbasis pada demokrasi pancasila. Ada banyak kelebihan dan kekurangan dari sistem ini. Mari kita lihat lebih dekat:

KELEBIHAN

1. Keterwakilan

Salah satu kelebihan dari demokrasi pancasila adalah bahwa sistem ini memberi kesempatan kepada individu yang mewakili berbagai kelompok masyarakat. Demokrasi pancasila memberikan kesempatan bagi warga negara untuk memilih pemimpin mereka sesuai dengan kehendak mereka.

2. Kestabilan Politik

Sistem politik demokrasi pancasila memiliki kelebihan berupa kestabilan politik. Sistem ini mampu menjaga stabilitas politik dan mencegah terjadinya kerusuhan di masyarakat. Kepemimpinan nasional yang stabil dan demokratis sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

3. Keadilan

Demokrasi pancasila memastikan adanya keadilan bagi masyarakat. Sistem ini menjamin adanya perlindungan hukum yang adil bagi seluruh warga negara. Masyarakat dapat merasa aman dan nyaman hidup dalam sebuah negara yang memberikan jaminan keadilan bagi seluruh warga negaranya.

4. Kebebasan

Demokrasi pancasila memberikan kebebasan pada warga negara untuk berpendapat dan menuntut hak-hak mereka. Selain itu, demokrasi pancasila memberikan hak beragama, hak berserikat, hak menyampaikan pendapat atau berbicara, dan hak menentukan nasib sendiri.

KEKURANGAN

1. Korupsi

Kekurangan dari sistem demokrasi pancasila pada masa Orde Baru adalah korupsi yang merajalela pada setiap tingkat pemerintahan. Korupsi melibatkan berbagai pejabat pemerintah mulai dari tingkat bawah hingga tingkat tertinggi. Korupsi sangat merugikan negara karena mempersempit sumber daya yang dapat digunakan untuk kemajuan negara.

2. Pembatasan Kebebasan

Sistem demokrasi pancasila juga memiliki kekurangan berupa pembatasan kebebasan. Pada masa Orde Baru, terdapat pembatasan kebebasan berpendapat atau bertindak bagi orang-orang yang tidak setuju dengan kebijakan pemerintah. Hal ini membuat mereka kesulitan untuk mengekspresikan pendapat mereka.

BACA JUGA:   Menjadikan Dirimu Sebagai Penulis Hebat

3. Keterbatasan Peran Check and Balance

Peran check and balance dalam sistem demokrasi pancasila pada masa Orde Baru juga tidak berkembang dengan baik. Sebagai contoh, lembaga legislatif yang seharusnya bersifat independen, sebenarnya tunduk pada kekuasaan presiden.

4. Ketidakadilan

Ketidakadilan masih terjadi di dalam sistem demokrasi pancasila pada masa Orde Baru. Terdapat ketidakadilan dalam distribusi sumber daya, khususnya bagi masyarakat yang kurang beruntung. Masyarakat yang memiliki kekuasaan atau posisi yang mapan mendapatkan keuntungan, sementara masyarakat kecil tidak mendapatkan keuntungan tersebut.

SIMPULAN

Secara keseluruhan, demokrasi pancasila memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu pada masa Orde Baru. Namun, dengan mempraktikkan prinsip-prinsip demokrasi pancasila yang sejati, kita dapat meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan sistem ini. Di masa kini dan masa depan, kita harus berusaha untuk menjalankan sistem demokrasi pancasila dengan baik untuk mencapai kemajuan bangsa Indonesia.