Skip to content
Home » Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Humanistik

Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Humanistik

Teori belajar humanistik adalah teori yang berfokus pada pengembangan individu dari sisi psikologis dan emosional. Teori ini menekankan pada kebebasan individu dalam mengeksplorasi kemampuan diri dan pengalaman hidupnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan teori belajar humanistik.

Kelebihan

Menekankan Kebebasan Individu

Salah satu kelebihan teori belajar humanistik adalah menekankan kebebasan individu. Teori ini memandang indivudu sebagai individu yang unik dengan kemampuan dan pengalaman hidup yang berbeda. Dengan memberikan kebebasan pada individu, maka individu dapat mengeksplorasi dan meningkatkan kemampuannya secara efektif.

Memotivasi Individu

Teori belajar humanistik juga memotivasi individu untuk belajar lebih baik. Dalam teori ini, individu diajak untuk merasa puas dan senang ketika berhasil mencapai sesuatu. Dalam hal ini, guru atau fasilitator pembelajaran memainkan peran penting untuk memberikan suasana kondusif bagi individu untuk mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuannya.

Menekankan Pada Kecerdasan Emosional

Teori belajar humanistik juga menekankan pada kecerdasan emosional individu. Dalam hal ini, individu diajak untuk memahami kondisi dan emotion dirinya sendiri. Dengan begitu individu dapat mengatasi stres, kecemasan dan persoalan emosional lainnya dengan lebih efektif.

Kekurangan

Tidak Mampu Menjamin Kesuksesan

Meskipun teori belajar humanistik memiliki kelebihan yang luar biasa, namun teori ini tidak mampu menjamin kesuksesan individu dalam mencapai tujuan hidupnya. Individu memerlukan bimbingan, inspirasi dan dorongan dari guru atau fasilitator pembelajaran untuk mencapai kesuksesan yang diinginkannya.

Kurang Menekankan Pada Pembelajaran Konseptual

Dalam teori belajar humanistik, pembelajaran lebih difokuskan pada pengalaman langsung dan proses belajar. Hal ini menunjukkan bahwa teori ini kurang menekankan pada pembelajaran konseptual. Individu memerlukan masukan yang lebih disiplin dan terstruktur dalam mendapatkan pemahaman secara konseptual.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Cetak dalam Rotogravure

Tidak Mampu Mengatasi Masalah Keamanan

Teori belajar humanistik tidak mampu mengatasi masalah keamanan berupa ketidakamanan fisik dan mental individu dalam pembelajaran. Hal ini terlebih lagi terjadi pada saat individu melakukan pembelajaran secara mandiri tanpa bimbingan seorang guru atau fasilitator pembelajaran.

Kesimpulan

Teori belajar humanistik memiliki kelebihan dan kekurangan dalam memandang pembelajaran sebagai proses individu dalam mengeksplorasi dan meningkatkan kemampuan diri. Kelebihan seperti menekankan kebebasan individu, memotivasi individu dan menekankan pada kecerdasan emosional sangat efektif dalam memotivasi individu untuk belajar lebih baik. Namun, kekurangan seperti tidak mampu menjamin kesuksesan, kurang menekankan pembelajaran konseptual dan tidak mampu mengatasi masalah keamanan menjadi kekurangan dari teori ini. Oleh karena itu, dalam konteks pembelajaran individu, perlu diterapkan berbagai teori yang lain sesuai dengan kebutuhan individu itu sendiri.