Skip to content
Home » Cumi Asin Surabaya: Gurihnya Perpaduan Sempurna Rasa Asin dan Pedas

Cumi Asin Surabaya: Gurihnya Perpaduan Sempurna Rasa Asin dan Pedas

Laut Indonesia memang sangat kaya akan hasil lautnya. Salah satu olahan seafood paling terkenal dan populer di Indonesia adalah "cumi asin Surabaya". Olahan seafood yang satu ini sangat terkenal di Surabaya dan bisa kita temui di berbagai restoran atau kedai seafood di sana.

Apa itu Cumi Asin Surabaya?

Cumi asin Surabaya merupakan hidangan khas Surabaya yang terbuat dari cumi-cumi yang digarami dan dijemur terlebih dahulu. Setelah itu, cumi-cumi tersebut diolah bersama bumbu-bumbu yang membuatnya semakin lezat. Biasanya, cumi asin Surabaya diberi tambahan cabe rawit sebagai pengganti garam.

Cara Membuat Cumi Asin Surabaya

Untuk membuat cumi asin Surabaya, pertama-tama cumi-cumi harus dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, lumuri cumi-cumi dengan garam sampai merata. Kemudian, diamkan cumi-cumi selama beberapa jam agar garam meresap dengan baik. Setelah itu, cumi-cumi dijemur terlebih dahulu selama beberapa jam.

Setelah cumi-cumi terjemur dengan baik, masukkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, daun salam, dan lain-lain. Bumbu-bumbu ini akan memberi rasa gurih pada cumi asin Surabaya. Terakhir, tambahkan cabe rawit sesuai selera.

Cara Menikmati Cumi Asin Surabaya

Cumi asin Surabaya bisa dinikmati sebagai penganan atau sebagai lauk. Biasanya, cumi asin Surabaya disajikan dengan nasi putih hangat dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan kangkung. Untuk menambah rasa pedas dan segarnya, kita bisa menambahkan perasan jeruk nipis pada cumi asin Surabaya.

Keunikan Cumi Asin Surabaya

Cumi asin Surabaya memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dengan hidangan seafood lainnya. Cumi asin Surabaya memiliki perpaduan sempurna rasa asin dan pedas yang membuat kita ketagihan ketika mencicipinya. Selain itu, olahan cumi-cumi yang dijemur dan digarami ini membuatnya semakin unik dan gurih.

BACA JUGA:   1 Kubik Batu Berapa Meter: Cara Mengkonversi Satuan dalam Konstruksi

Kesimpulan

Cumi asin Surabaya merupakan hidangan seafood yang wajib dicoba jika kita berkunjung ke Surabaya. Rasanya yang gurih dan pedas membuat hidangan ini semakin lezat dan bikin ketagihan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Surabaya dan nikmati kelezatan cumi asin Surabaya!