Skip to content
Home » Apa itu Nabi dan Rasul?

Apa itu Nabi dan Rasul?

Nabi dan Rasul adalah dua kata yang sering kita dengar saat belajar agama Islam. Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Nabi dan Rasul?

Pengertian Nabi dan Rasul

Nabi dan Rasul adalah dua istilah dalam Islam yang memiliki arti yang berbeda. Nabi adalah orang yang menerima wahyu dari Allah SWT dan menyampaikan ajaran-ajaran agama kepada umat manusia. Sedangkan, Rasul adalah Nabi yang ditunjuk oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalah dan diamanahkan dengan tugas khusus.

Contoh Nabi dan Rasul

Contoh Nabi yang paling terkenal dalam agama Islam adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau menerima wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril dan menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia. Sedangkan, contoh Rasul yang paling terkenal adalah Nabi Ibrahim. Beliau diamanahkan oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran tauhid kepada umat manusia.

Perbedaan antara Nabi dan Rasul

Perbedaan antara Nabi dan Rasul terletak pada tugas yang diberikan oleh Allah SWT. Nabi ditunjuk untuk menyampaikan ajaran agama kepada umat manusia, sedangkan Rasul tidak hanya menyampaikan ajaran agama, tapi juga ditunjuk untuk mengemban tugas khusus.

Tugas Rasul

Tugas Rasul terdiri dari empat hal, yaitu:

  1. Menyampaikan risalah yang ditugaskan oleh Allah SWT
  2. Menjaga dan memelihara risalah tersebut secara sempurna
  3. Membuktikan secara nyata bahwa dirinya benar-benar diutus oleh Allah SWT
  4. Mengajarkan dan memberi teladan kepada umat manusia tentang cara menegakkan agama yang benar

Kesimpulan

Dalam agama Islam, Nabi dan Rasul memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan ajaran agama kepada umat manusia. Sebagai umat Islam, kita harus mengambil pelajaran dari contoh-contoh Nabi dan Rasul yang telah diberikan oleh Allah SWT dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:   5 Perbedaan Antara Rawahu Khomsah dan Rawahu Sittah

Daftar Pustaka

  • Rumaysho, Abu Utsman. (2016). Mencintai Para Nabi dan Rasul. Pustaka Al-Kautsar.
  • Hamid, Abdul. (2018). Sejarah Kenabian. RajaGrafindo Persada.