Skip to content
Home » Apa Bedanya Moisturizer dan Pelembab?

Apa Bedanya Moisturizer dan Pelembab?

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang moisturizer dan pelembab ketika berbicara mengenai perawatan kulit. Kedua produk ini sering digunakan dalam rutinitas perawatan kulit dan biasanya disebutkan sebagai hal yang penting dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, sebenarnya apa bedanya moisturizer dan pelembab?

Pengertian Moisturizer

Moisturizer adalah produk yang bertujuan untuk menambah atau menjaga kelembapan kulit. Umumnya digunakan setelah mencuci wajah atau ketika kulit terasa kering. Produk ini biasanya tersedia dalam berbagai bentuk, seperti krim atau lotion, dan mengandung bahan-bahan yang dapat menyerap kelembapan dan menjaga kulit tetap lembut.

Pengertian Pelembab

Pelembab, di sisi lain, bertujuan untuk memperbaiki kondisi kulit yang sudah rusak dan mengurangi kekeringan. Produk ini mengandung bahan minyak atau lemak yang lebih pekat di bandingkan moisturizer. Pelembab membantu memperbaiki lapisan kulit dan menahan kelembapan di dalamnya untuk menjaga kelembaban kulit.

Meskipun moisturizer dan pelembab memiliki fungsi yang sama dalam menjaga kelembapan kulit, terdapat perbedaan yang signifikan dalam bahan-bahannya dan cara mereka bekerja.

Perbedaan Bahan

Kedua produk menggunakan bahan yang berbeda untuk mencapai tujuannya. Moisturizer umumnya menggunakan bahan yang lebih ringan seperti air, asam hialuronat dan glycerin untuk mengikat kelembapan dan memperkuat lapisan kulit. Sementara itu, pelembab menggunakan bahan yang lebih kental seperti minyak dan petroleum jelly untuk menyeimbangkan kondisi kulit dan mencegah kekeringan.

Perbedaan Cara Kerja

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, cara kerja moisturizer dan pelembab sedikit berbeda. Moisturizer digunakan untuk mengunci kelembapan di lapisan kulit atas, sementara pelembab menembus kulit dan membantu memperbaiki lapisan di bawah permukaan kulit. Pelembab digunakan secara teratur untuk membantu memperbaiki kondisi kulit, sedangkan moisturizer digunakan secara intermittently untuk menjaga kelembapan kulit.

BACA JUGA:   Saklar AC Terbaik untuk Ruang Tamu yang Modern

Kesimpulan

Kesimpulannya, kedua produk tersebut memiliki perbedaan dalam bahan dan cara kerjanya. Moisturizer digunakan untuk menjaga kelembapan kulit dengan bahan yang berbentuk ringan sementara pelembab membantu memperbaiki kondisi kulit dengan bahan yang lebih pekat. Meskipun tujuannya sama-sama untuk menjaga kulit tetap lembab, pilihan produk yang tepat harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan kebutuhan Anda.

Jadi, sekarang Anda sudah paham apa bedanya moisturizer dan pelembab, dan harus memilih jenis produk yang tepat untuk menyelesaikan orientasi kulit tertentu. Terserah pada Anda untuk menentukan jenis produk mana yang akan menjadi opsi terbaik untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda.