Skip to content
Home » Apa Bedanya FB Lite dengan FB Biasa?

Apa Bedanya FB Lite dengan FB Biasa?

Facebook Lite adalah aplikasi seluler Facebook yang dibuat khusus untuk pengguna yang memiliki jaringan internet yang lambat atau terbatas dan perangkat dengan spesifikasi yang kurang memadai. Sementara Facebook Biasa adalah aplikasi seluler standar dari Facebook yang dirancang untuk semua pengguna untuk mengakses situs jejaring sosial terbesar di dunia.

Perbedaan pada Ukuran Aplikasi

Salah satu perbedaan utama antara Facebook Lite dan Facebook Biasa adalah ukuran aplikasi. Facebook Lite memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, hanya sekitar 2 MB, sedangkan Facebook Biasa bisa mencapai lebih dari 85 MB. Ini terjadi karena Facebook Lite dirancang untuk menggunakan lebih sedikit sumber daya dan bekerja lebih efisien dengan jaringan yang kurang stabil.

Perbedaan pada Fitur

Meskipun Facebook Lite memiliki ukuran yang lebih kecil, namun hampir semua fitur Facebook Biasa tersedia di dalamnya. Facebook Lite memungkinkan pengguna untuk mengakses berita, notifikasi, pesan, profil, halaman, grup, dan siaran langsung. Namun, beberapa fitur seperti siaran langsung dalam kualitas HD, video 360 derajat, dan beberapa efek AR tidak tersedia di dalam Facebook Lite.

Perbedaan pada Kecepatan

Facebook Lite terkenal karena kemampuannya untuk beroperasi dengan jaringan internet yang lemah atau terbatas. Ini karena aplikasi ini menggunakan lebih sedikit sumber daya dan menghasilkan data yang lebih sedikit dibandingkan dengan aplikasi Facebook Biasa. Karena itu, pengguna Facebook Lite cenderung mengalami kecepatan yang lebih baik dalam mengakses aplikasi daripada pengguna Facebook Biasa.

Perbedaan pada Kompatibilitas Perangkat

Facebook Lite dapat diinstal pada sebagian besar perangkat Android dan bahkan tersedia di beberapa perangkat iOS. Namun, beberapa fitur mungkin tidak tersedia di semua perangkat tergantung pada jenis perangkat dan spesifikasinya. Sementara Facebook Biasa dapat diakses pada hampir semua jenis perangkat seluler.

BACA JUGA:   Neutro Skin Asli dan Palsu

Kesimpulan

Secara singkat, Facebook Lite memiliki ukuran aplikasi yang lebih kecil, lebih efisien dan kompatibel pada perangkat yang memiliki spesifikasi yang lebih rendah, dan kemampuannya untuk bekerja dengan jaringan internet yang lemah atau terbatas. Sementara Facebook Biasa adalah aplikasi seluler standar Facebook yang memiliki semua fitur, namun membutuhkan sumber daya yang lebih besar dan hanya cocok untuk perangkat yang memiliki spesifikasi yang memadai dan jaringan internet yang lebih stabil dan cepat.

Jika kamu menginginkan pengalaman Facebook yang lebih cepat dan hemat data, Facebook Lite bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu menginginkan aplikasi dengan semua fitur Facebook yang tersedia dan tidak terlalu khawatir dengan penggunaan data, kamulah pengguna Facebook Biasa yang tepat.