Skip to content
Home » 5 Hal yang Mempengaruhi Perbandingan Laporan Keuangan Antar Periode

5 Hal yang Mempengaruhi Perbandingan Laporan Keuangan Antar Periode

Laporan keuangan adalah laporan yang berisi informasi keuangan sebuah perusahaan dalam satu periode. Laporan keuangan sangat penting karena bisa dijadikan alat untuk memperlihatkan kondisi keuangan perusahaan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi perbandingan laporan keuangan antar periode, mari kita bahas bersama-sama.

1. Perbedaan Periode

Periode laporan keuangan yang dibandingkan harus sama, karena perbedaan periode tentu akan mempengaruhi perbandingan laporan keuangan antar periode. Hal ini karena, dalam setiap periode, kondisi keuangan perusahaan bisa berubah, tergantung pada isu-isu lingkungan, situasi politik, tarif pajak, dan faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi keuangan perusahaan.

2. Peraturan Pajak

Peraturan pajak di setiap negara bisa berbeda-beda dan perubahan aturan pajak bisa sangat mempengaruhi laporan keuangan. Pada saat perusahaannya menunjukkan pendapatan yang sama, tetapi aturan pajak berubah, maka perbandingan laporan keuangannya akan berbeda-beda, tergantung pada peraturan pajak yang berlaku.

3. Perusahaan Mengalami Perubahan

Jika perusahaan mengalami perubahan pada struktur atau model bisnisnya antara periode tertentu, maka perbandingan laporan keuangannya juga bisa berbeda. Hal ini disebabkan perubahan struktur atau model bisnis bisa mempengaruhi laporan keuangan suatu perusahaan.

4. Timbul Masalah Keuangan

Jika perusahaan mengalami masalah keuangan yang cukup serius dalam satu periode, maka laporan keuangan juga akan berbeda di periode berikutnya. Hal ini bisa terjadi karena ketika perusahaan mengalami masalah keuangan, maka tidak hanya penghasilan yang terpengaruh, tetapi juga pos-pos lain dalam laporan keuangan.

5. Pengaruh Faktor Eksternal

Faktor eksternal, seperti kebijakan pemerintah, perubahan pasar modal, atau perubahan kondisi lingkungan bisa mempengaruhi laporan keuangan. Contohnya, ketika adanya kebijakan pemerintah yang mengatur industri tertentu dalam suatu negara, maka perusahaan-perusahaan dalam industri tersebut akan terpengaruh.

BACA JUGA:   Perbandingan Sistem Perpajakan Indonesia: Sebuah Abstrak dari Paper Pajak