Skip to content
Home » 3 Apa Perbedaan Digital Marketing dan Website Marketing

3 Apa Perbedaan Digital Marketing dan Website Marketing

Marketing saat ini sangat penting untuk semua jenis bisnis. Pemasaran digital dan pemasaran situs web adalah dua istilah umum yang sering digunakan. Keduanya merupakan teknik yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda; namun, ada perbedaan mendasar antara keduanya.

Apa itu Pemasaran Digital?

Pemasaran digital adalah teknik pemasaran modern yang menggunakan teknologi digital untuk mempromosikan produk dan layanan Anda. Ada beberapa saluran pemasaran digital, termasuk media sosial, SEO, PPC, email marketing, dan banyak lagi.

Salah satu fitur terbaik dari pemasaran digital adalah keefektifannya. Dapat mencapai banyak audiens dalam waktu yang singkat. Selain itu, pemasaran digital adalah salah satu cara termudah untuk mengukur hasil kampanye pemasaran Anda dan mengoptimalkan strategi Anda.

Apa itu Pemasaran Situs Web?

Pemasaran situs web mengacu pada teknik pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs web. Teknik ini termasuk SEO, PPC, dan banyak lagi. Tujuannya adalah agar situs web Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan konversi.

Ada beberapa keunggulan dari pemasaran situs web. Yang terpenting, ini sangat efektif untuk bisnis yang mengandalkan penjualan online atau skema bisnis e-commerce. Setelah situs web Anda diperbaiki, kualitas trafik yang lebih baik dapat diharapkan.

Perbedaan Utama

Setelah mengetahui apa itu pemasaran digital dan pemasaran situs web, mari kita bahas perbedaan utama antara keduanya.

Fokus

Fokus pemasaran digital berada pada brand awareness, umumnya digunakan untuk membangun kesadaran merek dan meningkatkan pengunjung situs web. Di sisi lain, fokus pemasaran situs web adalah meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda untuk penjualan atau konversi.

Tujuan Akhir

Tujuan akhir dari pemasaran digital adalah menciptakan brand awareness dan mendorong orang untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi situs web, mendaftar newsletter, berlangganan, atau membayar untuk produk atau layanan yang ditawarkan. Sedangkan, tujuan akhir dari pemasaran situs web adalah meningkatkan penjualan, pelanggan baru dan loyalitas pelanggan.

BACA JUGA:   Apa Bedanya Garansi TAM dan Distributor?

Cara Efektif untuk Mencapai Tujuan

Pemasaran digital sangat efektif untuk membangun kesadaran merek dan merekrut audiens, sedangkan pemasaran situs web sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan pelanggan. Anda bisa menggunakan kedua teknik ini untuk mencapai tujuan yang berbeda.

Kemunculan Konten

Konten adalah hal yang harus juga dibahas di dalam pemasaran digital dan situs web. Ada beberapa perbedaan antara konten di pemasaran digital dan situs web.

Konten pemasaran digital biasanya lebih umum dan memiliki jangkauan yang luas dalam arti tidak terlalu spesifik dalam topik pemasaran. Semua audiens dapat mengakses, memberikan kesadaran merek, menciptakan basis penggemar. Di sisi lain Konten situs web atau content marketing, pada umumnya lebih spesifik dan ditargetkan untuk jenis bisnis tertentu.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana Anda tahu mana yang harus dipilih antara pemasaran digital dan pemasaran situs web? Langkah terbaik adalah memiliki pengetahuan yang baik tentang keduanya dan menentukan tujuan pemasaran Anda. Jika ingin mempromosikan brand awareness bisnis Anda, pilih teknik pemasaran digital, dan jika ingin meningkatkan penjualan, pilih teknik pemasaran situs web. Setelah itu, bisa menggunakan kedua teknik untuk mencapai tujuan keseluruhan bisnis Anda.