Skip to content
Home » Apa Itu PVC Leather: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu PVC Leather: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

PVC leather atau kulit sintetis PVC adalah salah satu jenis material yang kerap digunakan dalam pembuatan berbagai produk, baik itu fashion, furniture, ataupun industry interior dan eksterior. Bagi sebagian orang, istilah ini mungkin sangat familiar. Namun, ada juga yang belum begitu memahami apa itu PVC leather sebenarnya, serta kelebihan dan kekurangan dari material ini.

Apa Itu PVC Leather?

PVC leather atau kulit sintetis PVC adalah material yang terbuat dari bahan dasar PVC, yaitu polivinil klorida. Material ini dibuat dengan menggabungkan PVC dengan bahan tambahan lainnya, seperti plastikizer dan stabilizer. Proses pembuatan PVC leather umumnya melalui dua tahap yaitu pertama menghasilkan vinil, dan kemudian mengikat lapisan vinil pada dasar polyester.

Kelebihan dari PVC Leather

Ada beberapa kelebihan dari PVC leather, di antaranya:

1. Tahan Lama

Salah satu kelebihan utama dari PVC leather adalah keawetannya. Material ini terkenal sangat tahan lama dan tidak mudah rusak meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, kebanyakan produsen furniture dan fashion saat ini menggunakan material ini sebagai alternatif kulit asli.

2. Tahan Terhadap Air

Sifat tahan air juga menjadi salah satu kelebihan dari PVC leather. Dampak lingkungan seperti air hujan dan kelembapan di sekitar lingkungan, tidak akan mempengaruhi keawetan material ini. Sehingga, cocok untuk digunakan di lingkungan outdoor seperti pada umbrella dan tenda.

3. Terjangkau

Karena merupakan material sintetis, maka PVC leather memiliki harga yang lebih terjangkau daripada kulit asli. Hal ini memudahkan konsumen untuk memilikinya tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

4. Mudah Diamankan

PVC leather jauh lebih mudah diamankan dan dipelihara daripada kulit asli. Karena tidak mudah mengembang atau menyerap kelembapan, PVC leather sangat mudah dicuci dan dirawat. Anda bahkan tidak perlu menggunakan bahan khusus untuk membersihkannya. Cukup dengan kain lembut dan sabun cuci pakaian biasa.

BACA JUGA:   Tutorial Membuat Rok Tutu: Panduan Step-by-Step

Kekurangan dari PVC Leather

Walaupun memiliki beberapa keuntungan, PVC leather juga memiliki beberapa kelemahan, di antaranya:

1. Tidak Bernafas

Kulit PVC tidak memiliki pori-pori seperti kulit asli, sehingga sulit menyerap udara. Hal ini menyebabkan keringat yang bertumpuk pada permukaan kulit, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan berpotensi menyebabkan iritasi kulit.

2. Tidak Ramah Lingkungan

Salah satu kelemahan lain dari PVC leather adalah tidak ramah lingkungan. Material ini sulit terurai dan melepaskan zat berbahaya ke dalam lingkungan. Sebagai pengganti, proyek pembangunan susila lebih memilih untuk menggunakan material yang lebih ramah lingkungan.

3. Terlalu Mulus

Karena bagian permukaannya terlalu mulus, kulit PVC terkadang terasa ‘dingin’ saat digunakan. Sifat ini dapat menciptakan sensasi dingin yang tidak nyaman pada kulit orang yang memakainya.

Kesimpulan

PVC leather merupakan material yang umum digunakan dalam pembuatan berbagai produk, mulai dari furniture hingga fashion. Material ini memiliki beberapa kelebihan, seperti keawetan dan ketahanannya terhadap air, dan kelemahan, seperti ketidaknyamanannya dan tidak ramah lingkungan. Namun, di bawah kondisi yang tepat, PVC leather tetap menjadi pilihan yang ideal untuk produk-produk tertentu.