Skip to content
Home » Beda PKWTT dan PKWT: Mana yang Lebih Baik untuk Karyawan?

Beda PKWTT dan PKWT: Mana yang Lebih Baik untuk Karyawan?

Ketika mencari pekerjaan, kita sering kali disajikan dengan istilah-istilah seperti PKWTT dan PKWT. Namun, apa sih bedanya? Dan mana yang lebih baik untuk karyawan?

Apa itu PKWTT?

PKWTT adalah kependekan dari Perjanjian Kerja Waktu Tertentu. Artinya, perjanjian kerja ini memiliki batas waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya, PKWTT berlaku selama kurang lebih 1 tahun, dan dapat diperpanjang secara tertulis apabila diperlukan.

Dalam PKWTT, gaji karyawan ditentukan berdasarkan perjanjian antara karyawan dan perusahaan. Karyawan yang bekerja dengan kontrak PKWTT berhak atas tunjangan dan cuti sesuai dengan ketentuan perusahaan. Namun, karena sifatnya yang sementara, karyawan PKWTT tidak mendapat jaminan perpanjangan kontrak setelah habis masa kontrak.

Apa itu PKWT?

PKWT adalah Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu. Berbeda dengan PKWTT, PKWT tidak memiliki batas waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Artinya, karyawan dengan PKWT bekerja tanpa batas waktu dan tetap bekerja sampai adanya perubahan perjanjian kerja atau persetujuan bersama.

Karyawan dengan PKWT biasanya memiliki posisi yang lebih stabil, karena tidak ada batas waktu. Gaji karyawan PKWT biasanya lebih tinggi dari karyawan dengan PKWTT, dan menerima tunjangan yang lebih baik. Karyawan PKWT juga memiliki jaminan perpanjangan kontrak, selama mereka tidak melakukan pelanggaran dalam bekerja.

Mana yang lebih baik bagai karyawan?

Ketika mencari pekerjaan, biasanya karyawan lebih memilih PKWT karena lebih stabil dan memiliki gaji yang lebih baik. Namun, terkadang pekerjaan yang ditawarkan hanya tersedia dalam bentuk PKWTT.

Apabila kamu memiliki keterampilan dan pengalaman yang baik, kamu bisa mempertimbangkan pekerjaan PKWTT sebagai peluang untuk menunjukkan kemampuanmu dan membuka peluang untuk perpanjangan kontrak. Namun, ingat bahwa kepastian karir tidak dijamin, dan kamu tetap harus mencari pekerjaan yang lebih stabil.

BACA JUGA:   Beda Warisan dan Hibah: Perbedaan dan Cara Pengaturannya

Kesimpulan

PKWTT dan PKWT memiliki perbedaan yang sangat jelas dari segi ketentuan dan jaminan karir. Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan dan keperluan masing-masing karyawan. Ketika mencari pekerjaan, pastikan kamu sudah mempertimbangkan keuntungan dan risiko dari setiap jenis perjanjian kerja sebelum membuat keputusan akhir.

Jadi, mana yang lebih baik bagi karyawan? Itu tergantung pada pilihanmu. Jika kamu mencari kepastian karir dan gaji yang lebih tinggi, PKWT mungkin bisa menjadi solusi terbaik bagi kamu. Namun, jika kamu ingin mengasah keterampilan dan membuka peluang untuk perpanjangan kontrak, PKWTT bisa saja menjadi pilihan yang tepat.