Skip to content
Home » Beda IGD dan ICU: Apa Itu, Fungsi, dan Perbedaannya?

Beda IGD dan ICU: Apa Itu, Fungsi, dan Perbedaannya?

Ketika Anda mendengar kata "IGD" atau "ICU", apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Mungkin saja, banyak dari kita hanya mengenal keduanya sebagai tempat perawatan medis. Namun, tahukah Anda, sebenarnya apa itu IGD dan ICU? Apa perbedaan di antara keduanya? Mari kita bahas lebih detail di bawah ini.

Apa itu IGD?

IGD adalah singkatan dari Instalasi Gawat Darurat. Instalasi ini biasanya ditemukan di rumah sakit dan ditujukan untuk memberikan perawatan medis yang cepat dan tepat pada pasien yang membutuhkan penanganan darurat. Pada umumnya, pasien yang datang ke IGD mengalami kondisi medis yang membutuhkan penanganan segera, seperti kecelakaan, serangan jantung, stroke, dan sebagainya.

Apa itu ICU?

ICU adalah singkatan dari Intensive Care Unit atau Unit Perawatan Intensif. Ini adalah tempat di rumah sakit yang dirancang untuk merawat pasien dengan kondisi medis yang serius dan membutuhkan perawatan intensif dan pengawasan ketat. Pasien ICU biasanya memiliki kondisi medis yang mengancam nyawa, seperti gagal organ, keracunan, dan sebagainya.

Apa Perbedaan di Antara Keduanya?

Meskipun IGD dan ICU memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan perawatan medis, namun ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara IGD dan ICU:

Fungsi

Fungsi utama dari IGD adalah memberikan perawatan medis segera pada pasien yang membutuhkan penanganan darurat. Ini termasuk memberikan pertolongan pertama, diagnosis awal, dan tindakan pertama. Sementara itu, fungsi utama dari ICU adalah memberikan perawatan intensif pada pasien yang memiliki kondisi medis yang serius, seperti gagal organ atau keracunan.

Peralatan

IGD biasanya dilengkapi dengan peralatan medis dasar, seperti alat cek darah, suhu, tekanan darah, dan oksigen. Sedangkan, ICU dilengkapi dengan peralatan medis canggih yang mencakup unit rawat jantung, nebulizer, dan ventilator.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Teori Kuantum dengan Teori Fisika Klasik?

Tenaga Kesehatan

IGD biasanya akan ditempati oleh dokter spesialis dan perawat untuk memberikan perawatan pertama dan diagnosis awal. Sedangkan, ICU lebih banyak dihuni dokter spesialis, perawat ICU dan ahli terapi.

Waktu Perawatan

Pasien IGD akan dirawat selama beberapa jam hingga paling lama satu atau dua hari di rumah sakit. Sementara itu, pasien ICU biasanya dirawat di rumah sakit selama lebih dari dua hari. Bahkan, pasien ICU bisa memerlukan waktu perawatan selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Kesimpulan

Jadi, itulah perbedaan antara IGD dan ICU. Jika Anda atau orang tersayang Anda membutuhkan perawatan medis darurat dan cepat, segeralah menuju IGD. Namun, jika Anda atau orang tersayang Anda mengalami kondisi medis yang serius dan membutuhkan perawatan intensif dan pengawasan ketat, maka ICU adalah tempat yang tepat.

Tentang Kami

Kami adalah tim medis yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi Anda dan keluarga Anda. Kami menerima perawatan di IGD dan ICU. Untuk informasi lebih lanjut tentang pelayanan kami, jangan ragu untuk menghubungi kami di www.contoh-rumahsakit.com.