Skip to content
Home » Warna Kabel CDI Supra X 125

Warna Kabel CDI Supra X 125

Supra X 125 merupakan salah satu motor keluaran Honda yang memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Motor ini memiliki sejumlah komponen yang sangat penting dalam menentukan kinerja dan performa motor, salah satunya adalah CDI atau Capacitor Discharge Ignition.

Bagi para pecinta otomotif, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah CDI. Fungsi utama dari CDI pada motor adalah untuk menghasilkan loncatan api di busi, sehingga bisa membuat tenaga motor lebih optimal. Namun, tahukah Anda bahwa CDI juga memiliki kabel-kabel yang sangat penting dalam kinerjanya, salah satunya adalah kabel CDI?

Apa Itu Kabel CDI?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang warna kabel CDI pada Supra X 125, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu kabel CDI. Kabel CDI adalah kabel penghubung antara CDI dan busi pada motor. Kabel ini berfungsi untuk memberikan arus listrik dari CDI ke busi, sehingga busi bisa menghasilkan loncatan api yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

Kabel CDI pada umumnya terbuat dari bahan kawat tembaga yang dilapisi dengan bahan isolator untuk mencegah terjadinya konsleting. Bahan isolator pada kabel CDI umumnya terbuat dari karet atau plastik yang tahan terhadap panas dan getaran.

Warna Kabel CDI pada Supra X 125

Pada Supra X 125, terdapat beberapa kabel CDI yang menghubungkan CDI dengan komponen lainnya, seperti kabel ke busi, kabel ke spul, kabel ke stator, dan lain sebagainya. Kabel-kabel CDI pada Supra X 125 umumnya memiliki warna yang berbeda-beda, dan setiap warna memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda pula.

Berikut ini adalah beberapa warna kabel CDI pada Supra X 125 dan fungsinya:

  • Kabel Hijau/Hijau Belang: Kabel ini menghubungkan CDI dengan spul pengapian. Spul ini berfungsi untuk menghasilkan medan magnet yang dibutuhkan untuk menghasilkan arus listrik pada sistem pengapian.
  • Kabel Biru/Biru Muda: Kabel ini menghubungkan CDI dengan pulser atau sensor yang membaca putaran kruk as. Informasi putaran kruk as ini nantinya akan digunakan oleh CDI untuk menentukan timing pembakaran.
  • Kabel Merah/Merah Hitam: Kabel ini menghubungkan CDI ke aki. Kabel ini berfungsi untuk memberikan arus listrik dari aki ke CDI, sehingga CDI bisa berfungsi dengan baik.
  • Kabel Hitam: Kabel ini menghubungkan CDI ke ground atau tanah. Kabel ini berfungsi untuk mengalirkan kelebihan arus listrik ke tanah sehingga tidak merusak komponen lainnya.
BACA JUGA:   Sepatu Lari Nike Terbaik: Pilihan Tepat Untuk Menunjang Performa Olahraga Anda

Kesimpulan

Kabel CDI pada Supra X 125 sangatlah penting dalam menentukan kinerja dan performa motor. Warna-warna pada kabel CDI pada Supra X 125 memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, dan setiap warna sangatlah penting untuk menjaga kinerja motor tetap optimal.

Jika Anda mengalami masalah dengan kabel-kabel CDI pada Supra X 125, sebaiknya segera periksa dan ganti dengan yang baru. Hal ini sangatlah penting untuk menjaga kinerja dan performa motor tetap optimal. Tetap jaga motor Anda agar selalu dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan. Terima kasih atas perhatiannya!