Skip to content
Home » Perbandingan Dana dan OVO

Perbandingan Dana dan OVO

Sekarang ini, mobile payment semakin berkembang di Indonesia, dimana masyarakat semakin beralih ke pembayaran non-tunai melalui aplikasi mobile. Di sini, kita akan membahas tentang dua aplikasi mobile yang populer, yaitu Dana dan OVO. Kedua aplikasi tersebut memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan transaksi non-tunai seperti pembayaran tagihan, beli pulsa, hingga membeli makanan dan minuman. Namun, bagaimana perbandingan antara Dana dan OVO? Mari kita lihat lebih dalam.

Mendaftar dan Memiliki Akun

Kedua aplikasi memudahkan pengguna dalam pendaftaran dan membuat akun. Untuk mendaftar di Dana, pengguna perlu memasukkan nomor telepon dan verifikasi dengan kode OTP (One-Time Password). Setelah itu, pengguna dapat mengisi data diri, nomor KTP dan memasukkan saldo awal ke akun Dana. Sedangkan untuk mendaftar di OVO, pengguna perlu mengunduh aplikasi, memasukkan nomor telepon dan email kemudian memasukkan kode OTP dan data diri. OVO juga memberikan banyak bonus kepada pengguna baru yang berhasil melakukan verifikasi akun.

Namun, salah satu keuntungan menggunakan OVO adalah pengguna dapat langsung digabungkan dengan pelanggan Grab dan Tokopedia, sehingga pengguna bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi dalam kebutuhan sehari-hari.

Fitur dan Fungsi

Kedua aplikasi mobile ini memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama. Pengguna dapat menggunakannya untuk pembayaran tagihan, beli pulsa, pembelian tiket bioskop, hingga makanan dan minuman. Namun, aplikasi OVO memiliki tambahan fitur seperti OVO Point, dimana pengguna akan mendapatkan poin setiap kali melakukan transaksi. Poin bisa dicairkan atau ditukarkan dengan promo-promo menarik di OVO seperti potongan harga atau voucher gratis. Selain itu, OVO juga memiliki fitur transfer antar pengguna OVO, serta pengembangan fitur layanan finansial seperti e-wallet dan kartu kredit.

BACA JUGA:   Belajar Matematika dengan Alat Peraga Materi Perbandingan

Biaya dan Tarif

Begitu pentingnya memiliki aplikasi mobile non-tunai yang mudah dan aman, pengguna juga wajib memperhatikan fee atau biaya transaksi yang harus dibayarkan. Di aplikasi Dana, biaya admin sebesar 1,38% dari total transaksi yang dilakukan. Sedangkan di OVO, biaya admin bervariasi tergantung transaksi yang dilakukan.

Sebagai contoh, untuk top up pulsa menggunakan OVO, biaya admin yang dikenakan adalah hanya 1,5% dari total top up. Sedangkan untuk pembelian makanan melalui GrabFood, biaya admin OVO akan dikenakan sebesar 4.5% dari total transaksi. Namun, OVO lebih unggul dalam memberikan cashback dan reward serta potongan harga.

Keamanan

Salah satu pertimbangan penting dalam pemilihan aplikasi mobile non-tunai adalah keamanannya. Hal ini sangat penting mengingat transaksi yang dilakukan melalui smartphone berpotensi rentan terhadap kejahatan siber. Kedua aplikasi, Dana dan OVO menyatakan telah menerapkan berbagai sistem keamanan, seperti enkripsi data, verifikasi dua langkah, hingga penggunaan teknologi biometrik seperti sidik jari atau wajah (face recognition).

Dalam hal ini, Dana menggunakan teknologi keamanan yang diberi nama Dana Shield, menghadirkan verifikasi berlapis yang bertujuan untuk melindungi seluruh transaksi pengguna. Sedangkan OVO menggunakan metode keamanan yang sama seperti Dana, namun OVO juga memberikan jaminan keamanan hingga Rp2 juta dengan asuransi OVO Protection.

Kesimpulan

Jadi, mana yang lebih baik antara Dana dan OVO? Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi masing-masing pengguna. Namun, dengan melihat perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa OVO memiliki kelebihan dalam banyak hal, terutama dalam memberi cashback yang besar dan reward serta potongan harga. Tidak hanya itu, OVO juga memiliki banyak fitur tambahan dan jaminan perlindungan yang lebih baik. Namun, pengguna yang lebih mempertimbangkan biaya dan tarif, dapat memilih Dana karena biaya admin yang lebih rendah.

BACA JUGA:   Perbandingan Smartphone Terbaik: iPhone vs Samsung

Jadi, jika Anda mencari aplikasi yang mudah, aman dengan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda, baik Dana maupun OVO menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Intinya, pilihlah aplikasi mobile non-tunai yang terbaik bagi kebutuhan dan gaya hidup Anda.