Skip to content
Home » Rekomendasi Buku Non Fiksi Remaja: Meningkatkan Wawasan dan Keterampilan

Rekomendasi Buku Non Fiksi Remaja: Meningkatkan Wawasan dan Keterampilan

Saat ini, buku non fiksi menjadi salah satu alternatif bagus bagi remaja yang ingin meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam berbagai bidang. Buku jenis ini memuat pengetahuan yang dapat membantu remaja dalam kehidupan sehari-hari maupun masa depannya. Di bawah ini terdapat rekomendasi buku non fiksi remaja yang bisa menjadi panduan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan.

1. Menjadi Pribadi yang Lebih Sukses dengan “The 7 Habits of Highly Effective Teens”

The 7 Habits of Highly Effective Teens” ditulis oleh Sean Covey. Buku ini sangat cocok bagi remaja yang ingin memperbaiki sikap-sikap diri dan menjadi lebih sukses di masa depan. Sean Covey memaparkan tujuh kebiasaan yang perlu dimiliki oleh remaja agar sukses di kemudian hari. Kebiasaan-kebiasaan tersebut antara lain: mengenal diri sendiri, mempersiapkan diri untuk masa depan, membangun hubungan interpersonal yang sehat, dan sebagainya.

Buku ini dapat memotivasi remaja untuk meraih tujuan hidup dengan cara yang efektif dan positif. Hal ini tentu akan membantu remaja untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri, bertanggung jawab, dan sukses di masa depan.

2. Mengenal dan Merawat Lingkungan dengan “Go Green: Menuju Hidup Lebih Sehat dan Hijau”

Buku non fiksi remaja “Go Green: Menuju Hidup Lebih Sehat dan Hijau” ditulis oleh Tjutju Yuniarsih. Buku ini sarat informasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup dengan tindakan sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Remaja akan diajak untuk mengenal dampak buruk dan seberapa pentingnya berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

Buku ini juga dapat membantu remaja untuk menerapkan berbagai kegiatan yang ramah lingkungan seperti mengurangi penggunaan plastik, menggunakan kendaraan ramah lingkungan, dan sebagainya. Dalam buku ini juga terdapat informasi mengenai teknologi tepat guna, budidaya tanaman organik, dan pengolahan sampah rumah tangga.

BACA JUGA:   Rekomendasi Drakor Action Sekolah

3. Menjadi Generasi Digital yang Baik dengan “Digital Etiquette”

Digital Etiquette” yang ditulis oleh Patricia Pulliam Phillips merupakan salah satu buku non fiksi remaja yang bisa membantu mereka memakai teknologi secara bijaksana dan etis. Buku ini membahas berbagai aspek, mulai dari penggunaan media sosial, konten positif, hingga masalah kekerasan dalam jaringan.

Buku ini penting karena remaja saat ini mengalami pemakaian teknologi yang semakin besar. Mereka harus memahami etika saat mengakses dan menggunakan teknologi. Buku ini menjadi panduan yang cocok untuk mereduksi dampak buruk dari teknologi dan membantu remaja untuk selalu mematuhi etika digital.

Tidak hanya itu, buku ini juga memaparkan berbagai teknik untuk menghindari cyberbullying, phishing, dan kejahatan siber lainnya. Hal ini akan membantu remaja untuk bisa berinternet dengan lebih aman, dan tidak menjadi korban dari perbuatan cybercrime.

4. Mengenali Risiko dan Potensi Bisnis dengan Buku “Startup Kids”

Startup Kids” ditulis oleh Penelope and Andrew Harrell. Buku ini cocok bagi remaja yang berminat di dunia bisnis. Buku ini mengisahkan kisah sukses 21 wirausahawan muda dunia yang berhasil menciptakan ide bisnis yang besar.

Remaja akan belajar mengenai risiko dan tantangan yang dihadapi seorang wirausahawan, serta tantangan untuk melakukan inovasi yang dapat menghadapi persaingan dunia bisnis. Buku ini juga memaparkan cara-cara untuk memulai suatu bisnis, mulai dari membuat ide usaha, mengembangkan produk atau jasa, hingga memasarkannya.

Buku non fiksi remaja “Startup Kids” dapat menjadi panduan bagi remaja yang ingin memulai bisnis sampingan sekaligus membangun wirausaha muda dengan modal besar di masa depan.

Kesimpulan

Membaca buku non fiksi remaja dapat membantu meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam berbagai bidang. Keempat rekomendasi buku tersebut adalah “The 7 Habits of Highly Effective Teens” untuk menjadi pribadi yang lebih sukses, “Go Green: Menuju Hidup Lebih Sehat dan Hijau” untuk mengenal dan merawat lingkungan, “Digital Etiquette” untuk menjadi generasi digital yang baik, dan “Startup Kids” untuk mengenali risiko dan potensi bisnis.

BACA JUGA:   Rekomendasi Game Android 2023: Temukan Game Terbaik di Tahun Depan!

Remaja tidak hanya mendapat manfaat dari bacaan yang menarik, namun juga menjadi alat bantu bagi mereka untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri, kreatif, dan sukses di masa depan. Yuk, mulai membaca buku non fiksi sekarang juga!