Skip to content
Home » Harga Jalak Pito: Membahas Harga Jalak Pito yang Tinggi di Pasaran

Harga Jalak Pito: Membahas Harga Jalak Pito yang Tinggi di Pasaran

Jalak pito menjadi salah satu burung yang populer di Indonesia karena keindahan suaranya. Tak heran saat ini, harga jalak pito di pasaran sangat tinggi. Bagi para penikmat burung, memiliki burung jalak pito menjadi idaman. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli burung jalak pito, perlu dipahami dulu faktor apa saja yang mempengaruhi harga jalak pito.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Jalak Pito

  1. Jenis Kelamin

Harga jalak pito jantan memang lebih tinggi dibandingkan dengan yang betina. Hal ini dikarenakan burung jalak pito jantan memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan burung betina.

  1. Usia Burung

Burung jalak pito yang masih muda, dengan kata lain masih bisa dijadikan masteran atau burung terapi, biasanya lebih diminati dibandingkan dengan yang sudah tua dengan kualitas suara yang sudah menurun. Dengan begitu, harga burung jalak pito muda akan lebih tinggi dibandingkan burung jalak yang sudah tua.

  1. Kondisi Burung

Kondisi tubuh burung jalak pito juga sangat mempengaruhi harga jualnya. Semakin sehat dan terawat tubuh burung, maka harga burung juga semakin tinggi.

  1. Daerah Asal Burung

Daerah asal burung jalak pito juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi harga jualnya. Burung jalak pito yang berasal dari daerah yang sulit dicari, seperti Papua atau Kalimantan, tentunya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang berasal dari daerah lainnya.

  1. Keberadaan di Pasaran

Jumlah burung jalak pito yang beredar di pasaran juga dapat mempengaruhi harga jualnya. Semakin langka burung jalak pito ini di pasaran, maka harga jualnya pun semakin tinggi.

Menentukan Harga Jalak Pito yang Pantas

Namun, sebagai seorang pembeli, Anda tidak hanya melihat faktor-faktor yang mempengaruhi harga jalak pito saja, tetapi juga dapat melakukan beberapa langkah dalam menentukan harga jalak pito yang pantas.

  1. Teliti Kondisi Burung
BACA JUGA:   Bagaimana Membedakan Philips Asli dan Palsu

Saat memilih jalak pito yang ingin dibeli, pastikan membeli burung yang sehat, terawat, dan memiliki penampilan yang baik. Dengan begitu, meskipun harganya cukup tinggi, kamu tidak kecewa akan burung yang dibelinya.

  1. Mengetahui Status Hukum Burung

Jangan lupa untuk mengecek status hukum burung tersebut. Sebagai pembeli, Anda harus memastikan bahwa jalak pito yang dibeli adalah berasal dari penangkar yang memiliki dokumen dan surat izin yang legal.

  1. Bandingkan Harga dari Beberapa Penjual

Sebelum membeli burung jalak pito, sebaiknya Anda memahami dan membandingkan harga dari beberapa penjual. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih pantas.

  1. Beli Berdasarkan Budget

Saat membeli burung jalak pito, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Hindari membeli burung jalak pito yang harganya sangat tinggi sehingga dapat mempengaruhi keuangan kamu.

Kesimpulan

Harga jalak pito memang sangat tinggi di pasaran. Namun, para calon pembeli harus bijak ketika melakukan pembelian. Telitilah kondisi burung, ketahui status hukum burung, dan pastikan membandingkan harga dari beberapa penjual. Dengan langkah ini, Anda bisa mendapatkan jalak pito yang sesuai dengan budget dan sehat tanpa harus merasa kecewa.