Skip to content
Home » Tepung Sagu Sama dengan Tepung Apa?

Tepung Sagu Sama dengan Tepung Apa?

Jika Anda sering berkecimpung di dapur, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung sagu. Namun, apakah Anda tahu tepung sagu itu sebenarnya sama dengan tepung apa?

Tepung sagu adalah tepung yang dibuat dari sagu, yang diperoleh dari umbi pohon sagu. Pohon sagu tumbuh di daerah tropis, terutama di Indonesia. Umbinya yang besar dan bulat ini dapat diolah menjadi berbagai produk, termasuk tepung sagu.

Tepung sagu biasanya digunakan sebagai bahan pengental pada masakan dan makanan, seperti soto, pempek, dan kue. Selain itu, tepung sagu juga dapat dimanfaatkan untuk membuat koloid, yaitu suatu suspensi yang terdiri atas zat terdispersi dalam zat pendispersi. Koloid ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat kertas, pasta gigi, dan kosmetik.

Namun, apakah tepung sagu sama dengan tepung kanji? Tepung kanji juga merupakan pengental yang digunakan dalam masakan dan makanan, seperti bubur sumsum dan klepon. Sama seperti tepung sagu, tepung kanji juga dibuat dari umbi-umbian, namun bukan dari pohon sagu melainkan dari ubi kayu.

Perbedaan lainnya terletak pada kandungan pati. Tepung sagu mengandung pati jenis amylopectin yang dapat meningkatkan rasa, aroma, dan daya serap air pada masakan. Sedangkan tepung kanji mengandung pati jenis amilosa yang dapat memberikan tekstur yang kenyal pada masakan.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan pengental yang tepat pada masakan atau makanan, pastikan Anda memilih tepung yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan asal memilih karena kedua jenis tepung tersebut memiliki perbedaan pada kandungan pati dan fungsinya.

Sebagai kesimpulan, tepung sagu dan tepung kanji memiliki kesamaan dalam fungsi dan penggunaan pada masakan dan makanan. Namun, kedua jenis tepung tersebut dibuat dari bahan yang berbeda dan memiliki perbedaan pada kandungan pati. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih tepung yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

BACA JUGA:   4 kg Berapa Ons? Cara Mudah Mengubah Satuan Berat