Skip to content
Home » Apa Beda LLG dan RTGS BCA?

Apa Beda LLG dan RTGS BCA?

Bagi sebagian dari kita yang berhubungan dengan aktivitas perbankan, kita pasti pernah mendengar tentang LLG dan RTGS. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan LLG dan RTGS? Dan apa bedanya?

Apa Itu LLG?

LLG (Local Gross Settlement) adalah salah satu metode pembayaran yang digunakan oleh Bank. LLG biasanya digunakan untuk melakukan transfer uang dalam jumlah kecil, dan hanya bertujuan untuk membayar tagihan atau hutang.

Karena jumlah transfer uang yang relatif kecil, Biaya yang dikenakan pun lebih kecil. LLG biasanya memerlukan waktu 1-3 hari kerja untuk diproses.

Apa Itu RTGS?

RTGS (Real Time Gross Settlement) adalah metode pembayaran yang banyak digunakan dalam bisnis dan perdagangan. RTGS digunakan untuk melakukan transfer uang dalam jumlah besar, dan hanya bertujuan untuk membayar uang dalam jumlah yang signifikan.

Dalam RTGS, transfer uang dilakukan secara real time, Artinya transfer uang tidak memerlukan waktu lama seperti halnya di LLG. Hal ini memungkinkan uang untuk sampai ke penerima dalam hitungan detik setelah proses pengiriman.

Apa Beda Antara LLG dan RTGS?

Perbedaan antara LLG dan RTGS cukup signifikan. LLG merupakan metode pembayaran yang relatif lebih lambat, memerlukan waktu 1-3 hari kerja, serta memungkinkan transfer uang dalam jumlah kecil.

Sementara di RTGS, transfer uang dilakukan secara real time, Artinya transfer uang tidak memerlukan waktu lama seperti halnya di LLG. Selain itu, Biaya yang dikenakan di RTGS lebih mahal dibandingkan LLG, kini biayanya sudah mencapai puluhan ribu rupiah.

Kesimpulan

Saat akan melakukan transfer uang, pastikan Anda memilih metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. LLG cocok digunakan untuk transfer uang dalam jumlah kecil, sementara RTGS cocok untuk transfer uang dalam jumlah besar.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik?

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman tentang perbedaan antara LLG dan RTGS dan membantu Anda untuk memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.