Skip to content
Home » Kelebihan dan Kegunaan Tepung Tapioka yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kegunaan Tepung Tapioka yang Wajib Diketahui

Tepung tapioka dan sagu kerap disebut-sebut sebagai bahan baku yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan dalam proses produksinya. Tepung tapioka dihasilkan dari umbi singkong, sedangkan sagu berasal dari pati pohon sagu.

Tepung tapioka mengandung karbohidrat yang sehat, tidak mengandung gluten, serta rendah lemak dan protein. Karena itulah tepung ini mempunyai banyak kegunaan dalam dunia kuliner. Mari kita simak beberapa kelebihan dan kegunaan tepung tapioka yang wajib diketahui:

1. Mengganti Tepung Terigu

Tepung tapioka dapat digunakan untuk mengganti tepung terigu pada beberapa resep. Selain itu, karena tepung ini tidak mengandung gluten, produk yang dihasilkan dari tepung tapioka akan lebih mudah dicerna oleh mereka yang sensitif terhadap gluten.

2. Alternatif Tepung Kue

Tepung tapioka bisa menjadi alternatif tepung kue, karena produk yang dihasilkan akan lebih lembut dan kenyal. Selain itu, penggunaan tepung tapioka juga dapat membuat adonan lebih cocok di lidah karena bahan ini memberikan tekstur yang enak.

3. Bahan Pengental

Tepung tapioka biasa digunakan sebagai bahan pengental untuk membuat saus dan sup. Namun penggunaan tepung ini tidak disarankan untuk membuat pengental kental karena bahan ini akan membuat tekstur menjadi lengket dan tidak enak.

4. Bahan Pengganti Kentang

Tepung tapioka dapat digunakan sebagai pengganti kentang dalam beberapa resep. Misalnya, dalam pembuatan kroket, tepung tapioka bisa melenturkan kulitnya dan membuatnya lebih kenyal.

5. Pengganti Telur

Tepung tapioka bisa digunakan sebagai pengganti telur dalam resep makanan yang mengandung banyak telur. Hal ini terutama berguna bagi orang yang alergi terhadap telur.

6. Bahannya Mudah Didapatkan

Di Indonesia, tepung tepung tapioka sangat mudah didapatkan karena umbi singkong merupakan makanan pokok dan banyak dibudidayakan di berbagai wilayah.

BACA JUGA:   Cara Ganti Rantai Keteng Supra X 100

7. Mudah Disimpan

Tepung tapioka juga mudah disimpan, karena dapat disimpan di tempat yang kering dan tertutup dengan rapat tanpa harus membutuhkan bantuan pengawet.

Kesimpulannya, tepung tapioka merupakan alternatif yang bagus untuk pengganti tepung terigu maupun pengganti kentang. Tepung ini juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti telur atau sebagai bahan pengental dalam pembuatan saus dan sup. Selain itu, tepung tapioka sangat mudah didapatkan dan disimpan, serta cocok untuk menjadi bahan baku di berbagai macam resep.