Skip to content
Home » Beda Berapa Jam Indonesia dengan London?

Beda Berapa Jam Indonesia dengan London?

Jika anda merencanakan perjalanan ke London atau bekerja dengan orang di sana, tentu pertanyaan yang sering muncul adalah berapa jam perbedaan waktu antara Indonesia dan London.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, simak dulu penjelasan singkat tentang seluk beluk zona waktu.

Apa itu Zona Waktu?

Zona waktu adalah cara untuk menghitung waktu di suatu wilayah atau negara di dunia. Setiap zona waktu memiliki perbedaan waktu yang berbeda-beda sesuai dengan letak geografis mereka. Beberapa negara memiliki beberapa zona waktu yang berbeda karena ukuran wilayah mereka yang sangat besar.

Di dunia ini, kita menggunakan referensi waktu UTC atau Coordinated Universal Time sebagai acuan waktu standar global. Waktu UTC diberikan oleh Badan Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization (WMO) dan digunakan sebagai dasar waktu dunia.

Zona Waktu di Indonesia

Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu benua Asia dan Australia. Oleh karena itu, Indonesia terdiri dari beberapa zona waktu.

  1. Zona Waktu Indonesia Barat (WIB)
    Zona waktu ini meliputi provinsi Aceh, Sumatera Barat, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung dan Banten serta Ibukota Jakarta. Waktu Indonesia Barat adalah 7 jam mendahului waktu Universal Coordinated Time (UTC+7).

  2. Zona Waktu Indonesia Tengah (WITA)
    Zona waktu ini meliputi provinsi Kalimantan, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Tenggara Timur. Waktu Indonesia Tengah adalah 8 jam mendahului waktu Universal Coordinated Time (UTC+8).

  3. Zona Waktu Indonesia Timur (WIT)
    Zona waktu ini meliputi provinsi Maluku dan Papua. Waktu Indonesia Timur adalah 9 jam mendahului waktu Universal Coordinated Time (UTC+9).

Zona Waktu di London

London atau ibukota Inggris menggunakan zona waktu Greenwich Mean Time (GMT), yang sama dengan waktu standar di Inggris.

BACA JUGA:   Harga Baru Samsung Galaxy J3 Pro - Ponsel Dengan Spesifikasi Tinggi yang Terjangkau

Waktu GMT adalah 8 jam mundur dari Waktu Indonesia Barat (WIB), 7 jam mundur dari Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan 6 jam mundur dari Waktu Indonesia Timur (WIT).

Beda Berapa Jam Indonesia dengan London?

Jadi, untuk menjawab pertanyaan awal, beda waktu antara Indonesia dan London adalah:

  • Jika Anda berada di Waktu Indonesia Barat (WIB), bedanya adalah 8 jam. Jadi, jika saat ini jam 12 siang di London, maka di Indonesia barat adalah jam 8 malam.

  • Jika Anda berada di Waktu Indonesia Tengah (WITA), bedanya adalah 7 jam. Jadi, jika saat ini jam 12 siang di London, maka di Indonesia tengah adalah jam 7 malam.

  • Jika Anda berada di Waktu Indonesia Timur (WIT), bedanya adalah 6 jam. Jadi, jika saat ini jam 12 siang di London, maka di Indonesia timur adalah jam 6 malam.

Menghitung Zona Waktu dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin menghitung zona waktu dengan lebih mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi pembantu seperti World Clock atau Time Difference. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menghitung perbedaan waktu dengan cepat dan akurat.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang beda waktu antara Indonesia dan London, serta penjelasan tentang zona waktu yang berlaku di Indonesia dan London. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam merencanakan aktivitas atau perjalanan Anda ke London.