Skip to content
Home » Apa Perbedaan Antara Gen dan Kromosom?

Apa Perbedaan Antara Gen dan Kromosom?

Jika Anda sering mendengar kata-kata gen dan kromosom, tetapi Anda tidak yakin tentang perbedaan di antara keduanya, maka Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kita akan membahas definisi, fungsi, dan perbedaan antara gen dan kromosom.

Apa itu Gen?

Gen adalah unit warisan biologis pada organisme hidup yang mengodekan informasi genetik. Sebuah gen terdiri dari sekuens DNA pada kromosom yang secara spesifik mengontrol produksi polipeptida atau RNA fungsional. Gen dapat menentukan karakteristik fisik dan fisiologis dari organisme, mulai dari warna rambut hingga tinggi badan dan bahkan kemampuan membuat protein tertentu.

Apa itu Kromosom?

Kromosom adalah struktur dalam inti sel yang terdiri dari DNA dan berfungsi membawa informasi genetik. Setiap spesies memiliki sejumlah kromosom yang berbeda-beda. Misalnya, manusia memiliki 23 pasang kromosom, sedangkan kucing memiliki 19 pasang.

Kromosom terdiri dari dua kromatid yang dihubungkan oleh sentromer. Saat sel membelah, kromosom akan melipat dan membentuk struktur yang mudah dipindahkan. Selama pembelahan sel, kromosom akan menyebar ke dua sel anak, sehingga masing-masing sel anak akan memiliki salinan lengkap dari genom induknya.

Perbedaan Antar Gen dan Kromosom

Terdapat beberapa perbedaan di antara gen dan kromosom. Beberapa perbedaan tersebut adalah sebagai berikut:

Ukuran dan Struktur

Gen biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kromosom. Sebenarnya, ribuan gen dapat ditemukan pada satu kromosom. Kromosom memiliki struktur yang lebih besar dan kompleks dibandingkan gen, karena terdiri dari banyak molekul DNA dan protein.

Fungsi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi gen adalah membawa informasi yang terkait dengan karakteristik fisik dan fisiologis. Kromosom berfungsi membawa beberapa gen dan informasi yang berkaitan dengan pembentukan dan pengaturan sel.

BACA JUGA:   Beda Mio Z dan Mio M3: Mana yang Lebih Bagus?

Warisan

Gen merupakan warisan biologis dari orang tua ke anak, dan pewarisan gen ini terjadi selama reproduksi seksual. Kromosom juga diwariskan dari induk ke anak tetapi berbeda dengan gen, kromosom tergantung pada tahap reproduksi.

Jumlah

Setiap spesies memiliki jumlah gen dan kromosom yang berbeda-beda. Sebagai contoh, manusia memiliki kira-kira 20.000-25.000 gen tetapi hanya memiliki 23 pasang kromosom.

Kesimpulan

Sekarang Anda mengetahui perbedaan antara gen dan kromosom. Gen adalah unit warisan biologis pada organisme hidup yang mengodekan informasi genetik, sedangkan kromosom adalah struktur dalam inti sel yang terdiri dari DNA dan berfungsi membawa informasi genetik. Terdapat beberapa perbedaan yang signifikan, seperti ukuran, fungsi, warisan, dan jumlah dari keduanya. Namun, keduanya saling terkait dan sangat penting dalam membentuk karakteristik dan sifat organisme hidup.