Skip to content
Home » Membuat Spuit Kue Kering yang Menggugah Selera

Membuat Spuit Kue Kering yang Menggugah Selera

Jika Anda seorang penyuka kue kering, mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah spuit kue kering. Spuit kue kering adalah alat yang digunakan untuk menyemprotkan adonan kue dalam bentuk yang diinginkan. Alat ini terdiri dari bagian atas yang berfungsi sebagai tutup, bagian bawah yang berbentuk silinder, dan pipa penyemprot. Spuit kue kering adalah alat yang sangat penting dalam pembuatan kue kering, karena alat ini dapat memberikan bentuk yang indah dan menarik pada kue.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum Anda mulai membuat spuit kue kering, ada beberapa bahan-bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, di antaranya:

  • Tabung plastik untuk pipa spuit kue kering
  • Pisau cutter atau gunting
  • Lem kertas atau dobel pita
  • Bolpoin
  • Karet gelang
  • Penggaris
  • Air panas

Langkah-langkah pembuatan

  1. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan yang Anda butuhkan sudah tersedia, dan letakkan di depan Anda.

  2. Selanjutnya, ambil tabung plastik untuk pipa spuit kue kering. Potong bagian bawah tabung menggunakan pisau cutter atau gunting. Potongan harus di luar diameter yang sama dengan pipa spuit kue kering.

  3. Gunakan penggaris untuk mengukur kertas dan potonglah kertas menjadi dua bagian. Potong bagian pertama dengan lebar 2,5 cm dan panjang 18 cm. Potong bagian kedua dengan lebar 3,5 cm dan panjang 18 cm.

  4. Letakkan dua lembar kertas kecil di atas kertas lebar dan tempelkan bagian bawah tabung plastik pada salah satu ujung kertas.

  5. Ambil pipa spuit kue kering dan tempelkan pada bagian atas tabung plastik. Tempelkan pipa spuit hingga terlihat tidak ada celah yang terbuka.

  6. Celupkan ujung spuit kue kering ke dalam air panas selama beberapa detik untuk melunakkan karet gelang.

  7. Masukkan karet gelang ke ujung bawah pipa spuit kue kering saat masih dalam keadaan lemas. Setelah karet gelang di masukkan, bengkokan ke atas pipa spuit di depan karet gelang sebanyak dua kali. Kemudian bengkokan pipa spuit kembali ke arah karet gelang dan pastikan posisi karet gelang ada di bagian atas.

  8. Anda sudah siap menggunakan spuit kue kering yang telah Anda buat!

BACA JUGA:   Resep Tepung Roti Kuning yang Lezat dan Gurih

Kesimpulan

Membuat spuit kue kering sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Dengan spuit kue kering, Anda dapat memberikan bentuk yang indah pada kue kering Anda. Selain itu, spuit kue kering juga memudahkan Anda dalam membuat kue kering dengan berbagai bentuk dan variasi yang menarik. Praktis dan mudah, bukan?