Skip to content
Home » Apa Perbedaan Antara Massa dengan Berat

Apa Perbedaan Antara Massa dengan Berat

Apakah Anda tahu apa perbedaan antara massa dan berat? Meskipun keduanya terdengar serupa, keduanya sebenarnya memiliki definisi yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang berbeda pula.

Definisi Massa

Massa adalah besaran fisika yang menunjukkan jumlah materi suatu benda. Massa dapat diukur dengan menggunakan timbangan atau alat pengukur yang serupa. Satuan SI untuk massa adalah kilogram.

Tentu saja, massa juga dapat dijabarkan secara lebih spesifik, yaitu massa jenis. Massa jenis mengacu pada massa per satuan volume, dan satuan SI-nya adalah kilogram per meter kubik.

Definisi Berat

Berat, di sisi lain, adalah gaya yang diberikan oleh suatu benda kepada suatu permukaan karena adanya gaya gravitasi yang menarik benda tersebut ke arah bumi. Berat ditunjukkan dalam satuan Newton.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan istilah “berat” untuk merujuk pada massa. Namun, sebenarnya kita seharusnya menggunakan istilah “massa” untuk merujuk pada massa suatu benda, dan istilah “berat” untuk merujuk pada gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut.

Perbedaan di Antara Massa dan Berat

Perbedaan utama antara massa dan berat terletak pada fakta bahwa massa mengacu pada jumlah materi dalam suatu benda, sedangkan berat mengacu pada gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut.

Selain itu, satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa massa benda tidak berubah, sedangkan berat benda dapat berubah. Massa suatu benda tidak bergantung pada lingkungan di sekitar benda, sedangkan berat benda dapat berubah tergantung pada gravitasi di mana benda berada.

Sebagai contoh, jika Anda mengambil diri Anda ke Bulan, gravitasi akan menjadi lebih lemah dari pada saat Anda berada di Bumi. Itu berarti Anda akan memiliki berat yang lebih ringan di Bulan, meskipun massa Anda tetap sama.

BACA JUGA:   Nikmati Sensasi Pedas dan Gurih dengan Cireng Batagor

Kesimpulan

Massa dan berat memang saling berkaitan, tetapi sebenarnya keduanya memiliki makna yang berbeda dalam dunia fisika. Massa mengacu pada jumlah materi dalam benda, sedangkan berat mengacu pada gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut.

Yang perlu dicatat adalah bahwa massa benda tidak akan berubah, sementara berat benda bisa berubah tergantung pada gravitasi di mana benda berada. Semoga selama ini Anda bisa membedakan antara massa dan berat dengan baik dan membuat penggunaan yang benar dari kedua konsep ini dalam kehidupan sehari-hari.