Skip to content
Home » Kelebihan dan Kekurangan Ecobrick

Kelebihan dan Kekurangan Ecobrick

Pendahuluan

Saat ini kita semua sedang menghadapi permasalahan sampah plastik. Banyak tempat di dunia yang saat ini tengah memikirkan bagaimana mengatasi sampah plastik yang semakin menumpuk. Salah satu cara yang sedang populer adalah dengan menggunakan ecobrick. Ecobrick adalah plastik yang sudah dipadatkan hingga berat tertentu dan digunakan sebagai bahan bangunan. Namun seperti halnya dengan segala sesuatu, ecobrick juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Ecobrick

Mengurangi Sampah Plastik

Keuntungan utama dari penggunaan ecobrick adalah bahwa ia dapat mengurangi sampah plastik yang dibuang ke lingkungan. Masyarakat dapat mengumpulkan sampah plastik dan memadatkannya menjadi ecobrick yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan. Dengan begitu, sampah plastik tidak akan menumpuk dan mencemari lingkungan.

Daur Ulang

Selain itu penggunaan ecobrick juga dapat menjadi salah satu cara untuk mendaur ulang sampah plastik. Bukannya membuang sampah plastik, tapi kita memanfaatkannya menjadi bahan bangunan yang bermanfaat. Menggunakan ecobrick bisa menjadi alternatif yang ramah lingkungan.

Membangun Rumah yang Murah

Hal lain yang menguntungkan dari penggunaan ecobrick adalah ia akan mengurangi biaya pembangunan rumah. Ecobrick terbuat dari bahan sampah plastik yang murah, sehingga biaya untuk membuatnya juga relatif murah dan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan biaya murah untuk mendirikan rumah.

Kekurangan Ecobrick

Plastik Sulit Terurai

Salah satu kekurangan ecobrick adalah, ia terbuat dari sampah plastik yang sulit terurai. Plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai, bahkan bisa mencapai ratusan tahun. Penggunaan ecobrick akan meningkatkan masalah kemudahan terurai sampah plastik yang notabene sangat sulit diurai.

Memerlukan Proses Pembuatan

Proses pembuatan ecobrick juga memerlukan waktu dan energi yang cukup banyak. Cepat atau lambat, jika dipakai secara luas, produksi ecobrick akan berkontribusi pada penggunaan energi dan sumber daya alam.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Samsung A7 2018

Sulit Mendapatkannya

Sulitnya mendapatkan sampah plastik yang dibutuhkan untuk membuat ecobrick, menyebabkan ecobrick masih terbatas dalam produksinya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa ecobrick memiliki kelebihan dan kekurangan. Meski kelebihannya cukup banyak, bukan berarti kekurangannya bisa diabaikan begitu saja. Untuk mencapai pengurangan sampah plastik, kita perlu memikirkan segala aspek penggunaan ecobrick secara seksama. Apakah nantinya keuntungan dari penggunaan ecobrick dapat memberikan dampak positif untuk lingkungan secara keseluruhan dan pengurangan sampah plastik tentunya.

Semoga artikel di atas dapat memberikan pemahaman dan menambah wawasan mengenai kelebihan dan kekurangan ecobrick.