Skip to content
Home ยป Harga Oil Cooler FU dan Ulasan Lengkap Tentangnya

Harga Oil Cooler FU dan Ulasan Lengkap Tentangnya

Anda seorang pengendara sepeda motor FU? Salah satu masalah yang mungkin Anda hadapi adalah overheat mesin. Masalah yang sangat umum terjadi pada motor ini, khususnya untuk jarak tempuh yang jauh dan cuaca panas. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan oil cooler. Oil cooler sendiri berfungsi sebagai pendingin pada produk olie yang membentuk bagian dalam mesin motor FU. Namun, berapa sih sebetulnya harga oil cooler FU saat ini?

Harga Oil Cooler FU

Harga oil cooler FU bervariasi tergantung pada merek dan kualitas dari produk. Meskipun ada beberapa pilihan, Anda harus memilih produk yang berkualitas agar terhindar dari kerusakan dan masalah yang lebih besar di masa depan. Berikut adalah beberapa harga oil cooler FU terbaru:

  • Oil Cooler JCP: sekitar Rp. 950.000
  • Oil Cooler Koso: sekitar Rp. 1.200.000
  • Oil Cooler Daytona: sekitar Rp. 2.000.000

Namun, harga seringkali dapat berubah tergantung pada situs dan tahun pengeluaran. Untuk itu, pastikan Anda mengecek harga oil cooler FU saat ini secara terperinci sehingga Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Mengapa Memiliki Oil Cooler Penting?

Menggunakan oil cooler dapat membantu Anda untuk mencegah mesin panas dan kendaraan berhenti bekerja secara tiba-tiba. Anda bisa mengendarai hanya dengan sedikit rasa khawatir atau cemas, khususnya pada cuaca yang sangat panas atau ketika Anda perlu menjalankan perjalanan dalam waktu yang lama dan jarak tempuh yang jauh.

Selain itu, meskipun Anda tidak pernah mengalami masalah panas pada mesin, tetap disarankan untuk memiliki oil cooler sebagai tindakan pencegahan. Karena apabila sudah terlalu sering terjadi panas, mesin motor Anda akan mengalami kerusakan yang lebih besar dan biaya perbaikan pun dapat sangat mahal.

BACA JUGA:   Garnier Wasabi: Mengatasi Masalah Rambut dengan Alami

Jenis – Jenis Oil Cooler untuk FU

Ada beberapa jenis oil cooler FU yang dapat Anda pilih untuk kendaraan Anda. Berikut ini beberapa jenis oil cooler yang bisa Anda pertimbangkan:

Oil Cooler yang dipasang pada radiator

Oil cooler jenis ini dipasang di bawah radiator dengan menghubungkannya dengan selang khusus ke tanki oli. Dengan memasang cooling oil pada sepeda motor ini, maka bagian engine akan lebih terjaga dan tetap sejuk dibandingkan dengan oil cooler lainnya.

Oil Cooler yang dipasang pada blok engine

Oil cooler jenis ini dipasang pada bagian blok engine mesin, dan terhubung dengan pipa khusus. Pipa khusus tersebut mengalirkan oli dari sump ke oil cooler dan kembali ke mesin.

Oil Cooler yang dipasang pada kasus roda belakang

Oil cooler jenis ini dipasang langsung di bawah kasus roda belakang tempat sprocket berada. Terdapat lubang pada kasus roda untuk memasukkan oli ke oil cooler.

Cara Memasang Oil Cooler pada FU

Berikut beberapa langkah-langkah memasang oil cooler pada sepeda motor FU Anda:

  1. Persiapkan dulu semua peralatan yang dibutuhkan seperti oil cooler, selang beserta valvenya, hose clamp, kotak pendingin, pipa, dan lain-lain.
  2. Bersihkan terlebih dahulu bagian yang akan dipasangi oil cooler.
  3. Pasang bracket oil cooler pada tempat yang sudah disediakan oleh produsen sepeda motor.
  4. Pasang selang pada bracket oil cooler dan jangan lupa mentightenya dengan hose clamp.
  5. Pasang valve pada bagian selang oil cooler.
  6. Tambahkan pendingin pada kotak pendingin lalu pasang pipe ke radiator pada ekspansi radiator.
  7. Mulailah menambahkan oil cooler ke mesin menggunakan selang baru.
  8. Pasang selang baru di antara cooler dan valve terbuka.
  9. Tambahkan pipa ke bagian kasus roda belakang.
  10. Jangan lupa juga periksa selang, katup, radiator, dan jalur berikutnya sebelum memulai kendaraan.
BACA JUGA:   Cara Scan Barcode WiFi iPhone: Mudah dan Tepat

Kesimpulan

Menggunakan oil cooler pada FU akan sangat membantu Anda dalam menjaga mesin agar tetap dingin dan menjaga kinerja mesin supaya lebih baik dari sebelumnya. Anda perlu memilih oil cooler yang tepat agar dapat memaksimalkan fungsinya. Tentu saja, harga oil cooler FU juga perlu diperhatikan supaya sesuai dengan anggaran.

Hal yang lebih penting dari itu adalah memperhatikan beberapa jenis oil cooler FU serta cara memasangnya. Diharapkan dengan berbagai ulasan yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menentukan jenis oil cooler yang sesuai dan dapat memasangnya dengan benar agar terhindar dari biaya perbaikan mesin yang mahal di masa depan.