Skip to content
Home » Perbedaan Variabel Lokal dan Variabel Global

Perbedaan Variabel Lokal dan Variabel Global

Variabel adalah tempat untuk menyimpan nilai yang berbeda. Di dalam bahasa pemrograman terdapat dua jenis variabel yang perlu diketahui, yaitu variabel lokal dan variabel global. Dalam artikel ini akan dijelaskan perbedaan antara kedua jenis variabel tersebut.

Definisi Variabel Lokal

Variabel lokal adalah variabel yang dideklarasikan di dalam fungsi. Variabel ini dapat diakses hanya di dalam lingkup fungsi tempat variabel tersebut dideklarasikan. Variabel ini bersifat temporary dan tidak dapat digunakan di luar fungsi. Ketika fungsi selesai dieksekusi, variabel lokal tersebut akan hilang.

Contoh Penggunaan Variabel Lokal

int tambah(int a, int b){
    int hasil = a + b;
    return hasil;
}

Pada contoh di atas, variabel hasil adalah variabel lokal yang dideklarasikan di dalam fungsi. Variabel ini hanya dapat diakses di dalam fungsi tambah. Setelah fungsi dieksekusi, variabel ini akan hilang.

Definisi Variabel Global

Variabel global adalah variabel yang dideklarasikan di luar fungsi atau blok program. Variabel ini dapat diakses di seluruh bagian program, termasuk di dalam fungsi. Variabel ini bersifat permanen dan dapat digunakan kapan saja.

Contoh Penggunaan Variabel Global

int hasil = 0;

int tambah(int a, int b){
    hasil = a + b;
    return hasil;
}

Pada contoh di atas, variabel hasil adalah variabel global yang dideklarasikan di luar fungsi. Variabel ini dapat diakses di seluruh program, termasuk di dalam fungsi tambah. Setelah fungsi dieksekusi, variabel ini tetap dapat digunakan di dalam program.

Perbedaan antara Variabel Lokal dan Variabel Global

Salah satu perbedaan utama antara kedua jenis variabel ini adalah lingkupnya. Variabel lokal hanya dapat diakses di dalam fungsi, sedangkan variabel global dapat diakses di seluruh program.

Variabel lokal bersifat temporary. Setelah fungsi selesai dieksekusi, variabel lokal tersebut akan hilang. Sedangkan variabel global bersifat permanen dan dapat digunakan kapan saja.

BACA JUGA:   Warna Tera Kota: Kekayaan Budaya Indonesia yang Berharga

Variabel global dapat digunakan di seluruh program tanpa harus dideklarasikan kembali. Sedangkan variabel lokal hanya dapat digunakan di dalam fungsi tempat variabel tersebut dideklarasikan.

Kesimpulan

Dalam pemrograman terdapat dua jenis variabel, yaitu variabel lokal dan variabel global. Variabel lokal dideklarasikan di dalam fungsi dan hanya dapat diakses di dalam lingkup fungsi tersebut. Sedangkan variabel global dideklarasikan di luar fungsi atau blok program dan dapat diakses di seluruh program. Perbedaan antara kedua jenis variabel ini adalah lingkup, sifat, dan penggunaannya. Adanya pengetahuan tentang perbedaan ini dapat membantu dalam pengembangan program yang lebih baik.