Skip to content
Home » Apa Bedanya GTX dan RTX?

Apa Bedanya GTX dan RTX?

Jika Anda tertarik dengan dunia gaming atau Anda adalah seorang gamer, maka Anda pasti sudah familiar dengan merek-merek kartu grafis seperti Nvidia. Nvidia adalah salah satu produsen kartu grafis terkemuka di dunia yang menawarkan berbagai pilihan kartu grafis dengan berbagai spesifikasi dan harga yang berbeda.

Dalam dunia gaming, GTX dan RTX adalah dua jenis kartu grafis yang sering dibicarakan. Namun tahukah Anda apa perbedaan antara GTX dan RTX? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan memberikan penjelasan yang lengkap untuk Anda.

GTX

GTX adalah singkatan dari "GeForce GTX". Kartu grafis dengan merek GTX ini dirancang untuk memberikan kinerja grafis tinggi pada perangkat Anda, terutama untuk game. Kartu grafis ini terutama digunakan oleh para gamers yang ingin memainkan game-game dengan kualitas tinggi dan lancar.

Kartu Grafis GTX saat ini memiliki banyak seri. Seri GTX 1000 misalnya, adalah seri kartu grafis terbaru dari Nvidia. Kartu Grafis ini memiliki daya tampung yang cukup besar, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin memainkan game dengan kualitas tinggi.

RTX

Sementara GTX didesain untuk para gamer, RTX sendiri didesain untuk keperluan profesional seperti animasi 3D dan rendering. RTX menggantikan seri kartu grafis Quadro sebelumnya dan menawarkan performa yang lebih baik.

Tapi bukan berarti RTX tidak cocok untuk para gamers. Kartu grafis RTX memungkinkan Anda untuk memainkan game dengan kualitas yang lebih tinggi dan lebih realistis. Salah satu fitur unggulan dari kartu grafis RTX adalah teknologi "ray tracing".

Teknologi ray tracing memungkinkan penggambaran objek-objek di dalam game yang lebih realistis dan lebih hidup. Teknologi ini membuat game terkesan lebih indah dan mirip kehidupan nyata.

BACA JUGA:   Zinc Picolinate 30 mg: Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Hidup Anda

Kesimpulan

Itulah perbedaan antara GTX dan RTX secara singkat. GTX didesain khusus untuk para gamer yang ingin memainkan game dengan kualitas tinggi, sementara RTX didesain untuk pengguna profesional seperti animator dan pembuat film. Tetapi RTX juga cocok untuk gamer yang ingin memainkan game dengan kualitas realistis.

Tentu saja, sebelum membeli kartu grafis, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan dan budget Anda. Ingat bahwa semakin tinggi spesifikasi kartu grafis, semakin tinggi pula harganya.

Kemudian, pilihlah merek kartu grafis yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah Anda memilih kartu grafis yang sesuai, maka Anda bisa lebih nyaman dalam memainkan game-game favorit Anda dengan kualitas yang lebih tinggi dan memukau.