Skip to content
Home » Apa Perbedaan SBMPTN dan SNMPTN?

Apa Perbedaan SBMPTN dan SNMPTN?

Jika kamu merupakan seorang pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat dan enggan memperpanjang masa pendidikanmu ke jenjang kuliah, maka ujian masuk perguruan tinggi adalah satu-satunya pilihan yang bisa kamu lakukan. Di Indonesia sendiri ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang cukup terkenal, di antaranya adalah SBMPTN dan SNMPTN. Tapi, apakah kamu tahu apa perbedaan antara keduanya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

SNMPTN

SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini biasa diikuti oleh siswa/i terbaik dari seluruh SMA/sederajat di Indonesia. Jadi, jika kamu ingin lolos SNMPTN, kamu harus mendapatkan peringkat yang baik di sekolahmu dan juga harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah untuk bisa mengikuti ujian SNMPTN.

Perlu diingat bahwa SNMPTN hanya berlaku untuk perguruan tinggi negeri saja. Seleksi ini dilakukan secara nasional dan para peserta tidak perlu mengikuti ujian tulis. Kebanyakan perguruan tinggi sudah menunjuk para calon mahasiswa baru dari hasil SNMPTN sebelum mengadakan SBMPTN.

SBMPTN

Sementara itu, SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jalur ini lebih kompetitif daripada SNMPTN, karena para peserta harus mengikuti ujian tulis yang cukup sulit dan tersedia kuota yang terbatas.

Peserta dapat memilih beberapa program studi di berbagai perguruan tinggi negeri yang ada. Jika kamu ingin mengikuti SBMPTN, maka kamu harus mendaftarkan diri melalui internet dan membayar biaya pendaftaran yang cukup mahal.

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Tentu kamu sudah mengetahui perbedaan utama antara SNMPTN dan SBMPTN dari penjelasan di atas. Namun, ada beberapa perbedaan lain yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memilih jalur penerimaan mahasiswa baru.

  1. Jumlah perguruan tinggi
BACA JUGA:   Avanza 2022 Harga: Mobil Keluarga Terbaik Dalam Anggaran Anda

SNMPTN hanya berlaku untuk perguruan tinggi negeri saja, sedangkan SBMPTN dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jadi, jika kamu ingin memilih program studi di perguruan tinggi swasta, maka kamu harus mengikuti SBMPTN.

  1. Metode seleksi

Metode seleksi pada SNMPTN adalah seleksi berdasarkan Nilai Rapor UN, sedangkan pada SBMPTN seleksi berdasarkan ujian tulis dan meliputi range soal yang lebih luas.

  1. Kuota Penerimaan

Jumlah kuota penerimaan pada SNMPTN cukup besar, namun pusat penerimaan biasanya berpusat pada beberapa fakultas, jadi kamu harus memilih fakultas sesuai dengan rekomendasi keputusan pendaftaran yang kamu terima. Sementara itu, SBMPTN menawarkan kuota penerimaan yang lebih terbatas dan memiliki dasar penentuan yang lebih kompetitif.

Kesimpulan

Jadi, itu tadi perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN yang harus kamu ketahui. Pada dasarnya, setiap jalur penerimaan mahasiswa baru memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kamu harus memilih jalur yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi supaya kamu bisa meraih hasil yang terbaik dan meraih masa depan yang lebih cerah!