Skip to content
Home » Apa Bedanya iPhone 5 dan 5s

Apa Bedanya iPhone 5 dan 5s

Ketika menemukan ponsel iPhone 5 dan 5s pada penjualan, mungkin Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara keduanya. Meskipun kedua ponsel ini sangat mirip secara fisik, terdapat perbedaan-perbedaan penting di antara keduanya.

Perbedaan pada Desain

Secara umum, iPhone 5s memiliki desain yang hampir sama dengan iPhone 5. Namun, pada bagian Home Button, terdapat pemindai sidik jari pada iPhone 5s. Di bagian belakang ponsel, iPhone 5s memiliki bagian kamera yang lebih besar dan ukuran logo Apple yang lebih kecil. Terdapat pula perbedaan di sisi warna, iPhone 5 memiliki pilihan warna hitam (Slate) dan putih (Silver) sedangkan iPhone 5s memiliki tiga pilihan warna, yaitu silver, gold, dan space gray.

Perbedaan pada Mesin dan Performa

Kedua ponsel ini memiliki prosesor A6 dan RAM 1GB. Namun, iPhone 5s memiliki chip pemrosesan 64-bit A7 yang lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan prosesor A6 pada iPhone 5. Dalam penggunaan sehari-hari, iPhone 5s memiliki performa yang lebih tinggi dengan respon yang lebih cepat dari iPhone 5.

iPhone 5s juga memiliki kemampuan merekam video slow-motion dengan kecepatan 120fps, sedangkan iPhone 5 hanya mampu merekam video yang lebih lambat pada kecepatan 30fps.

Perbedaan pada Sistem Operasi

Kedua ponsel ini dapat menjalankan sistem operasi iOS 7, namun iPhone 5s dan selanjutnya menerima update ke iOS 12 sedangkan iPhone 5 hanya mampu menerima update hingga iOS 10.3.4.

iPhone 5s juga memiliki fitur tambahan seperti Touch ID dan kemampuan merekam video slow-motion. Touch ID adalah fitur sidik jari yang dapat digunakan untuk mengunci ponsel atau memberikan akses ke App Store dan iTunes Store.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, iPhone 5s memiliki keunggulan dalam beberapa aspek dibandingkan dengan iPhone 5. Dari segi desain, iPhone 5s memiliki beberapa perubahan kecil yang memberikan tampilan yang lebih elegan. Dari segi performa, iPhone 5s memiliki prosesor yang lebih baik dan memiliki kemampuan merekam video slow-motion. Dari segi sistem operasi, iPhone 5s mampu menerima update hingga iOS 12 dan memiliki fitur tambahan seperti Touch ID.

BACA JUGA:   Perbedaan Retinol dan Retinoid

Bagi Anda yang mencari ponsel yang lebih berkualitas dan memiliki performa yang lebih tinggi, iPhone 5s adalah pilihan yang baik. Namun, jika Anda mencari ponsel dengan harga yang lebih terjangkau, iPhone 5 masih merupakan pilihan yang baik.

Jadi, bagaimana? Apakah ini membantu untuk menjawab pertanyaan Anda tentang apa perbedaan antara iPhone 5 dan 5s? Semoga artikel ini membantu Anda untuk mengetahui perbedaan mendasar antara kedua ponsel Apple ini. Terima kasih telah membaca!