Skip to content
Home » Apakah Softlens Kanan dan Kiri Sama?

Apakah Softlens Kanan dan Kiri Sama?

Jika Anda mencari kenyamanan visual namun tidak terganggu dengan pilihan kacamata, maka softlens adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Namun, kabar buruknya adalah bahwa banyak orang masih belum memahami sebenarnya apakah softlens kanan dan kiri sama.

Softlens Kanan dan Kiri Biasanya Sama

Untuk menjawab pertanyaan itu, jawabannya adalah biasanya ya, tidak ada perbedaan antara softlens kanan dan kiri. Karena, para produsen softlens biasanya membuat lensa yang dijual dalam satu kemasan sama, satu pasang sama, sehingga lensa kanan dan kiri adalah sama persis. Namun, dalam beberapa kasus, terdapat lensa yang dibuat khusus untuk mata kanan atau mata kiri, atau bahkan berbeda ukuran. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa detail lensa sebelum Anda membeli.

Apa yang terjadi jika salah memakai softlens kanan atau kiri?

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengenali antara lensa mata kanan atau kiri, maka Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mempertimbangkan tips praktis berikut ini:

  • Pastikan Anda selalu mengikuti instruksi pakai yang tertera dalam kemasan softlens
  • Cobalah untuk selalu memasang lensa dengan urutan yang sama, seperti pada pagi hari sebelum memasang lensa kontak kanan
  • Gunakan tanda atau kode tertentu pada kemasan untuk membedakan lensa kanan atau kiri
  • Jangan menggunakan softlens yang telah digunakan sebelumnya pada mata yang berbeda.

Hal sepele seperti ini dapat membantu menghindari kesalahan pemasangan softlens kanan atau kiri dan memastikan Anda terhindar dari risiko infeksi atau kerusakan pada mata.

Apakah saya harus memakai softlens kanan dan kiri?

Rekomendasi dokter mata biasanya adalah Anda harus memakai lensa kiri dan kanan yang sama waktu Anda membelinya. Karena, seperti disebutkan sebelumnya, setiap pasang softlens dapat dibuat secara asimetris untuk mempertimbangkan kondisi mata yang sangat berbeda. Bahkan jika mata kanan dan kiri Anda terasa sama, Anda tetap harus memakai softlens kanan dan kiri yang sama, tetapi dalam kasus tertentu, dokter dapat meresepkan lensa yang berbeda.

BACA JUGA:   Service Diffuser Young Living: Memperoleh Kesejahteraan Melalui Aromaterapi

Kesimpulan

Apakah softlens kanan dan kiri sama? Jawabannya adalah ya, biasanya sama, jika Anda membelinya sebagai satu pasang. Namun, ada situasi di mana lensa mata berbeda untuk mata kanan atau kiri. Jadi, selalu periksa detail lensa sebelum membeli dan pastikan Anda memakai lensa yang benar pada mata yang tepat. Dan tentu saja, ikuti petunjuk dokter Anda sebelum memutuskan untuk memakai softlens.