Skip to content
Home » Bedanya Institut dan Universitas

Bedanya Institut dan Universitas

Jenis-jenis perguruan tinggi di Indonesia banyak sekali ragamnya, mulai dari institut, universitas hingga sekolah tinggi. Meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan pendidikan tinggi, namun ada perbedaan yang mendasar antara institut dengan universitas. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bedanya institut dan universitas.

Pengertian Institut

Institut seringkali dijadikan pilihan oleh para mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu di bidang tertentu secara intensif. Secara umum, institut adalah perguruan tinggi yang lebih fokus pada pendidikan teknik dan ilmu pengetahuan.

Institut cenderung lebih membatasi program studi yang mereka tawarkan dan lebih spesifik dalam programnya. Menjadi mahasiswa di Institut berarti memilih untuk terlibat dalam program studi tertentu dengan intesitas yang sangat tinggi.

Pengertian Universitas

Universitas lahir dari gagasan untuk menggabungkan beberapa perguruan tinggi atau fakultas menjadi satu kesatuan. Dalam artian, Universitas memiliki banyak program studi yang mereka tawarkan dibanding Institut, dan biasanya memiliki program studi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Universitas juga memiliki kurikulum yang lebih luas dan lebih beragam dibandingkan dengan Institut. Selain itu, Universitas juga menawarkan program sertifikasi dan pemberian gelar terhadap program khusus dan pijinan profesional.

Perbedaan Institusi dan Universitas

Setelah kita mengetahui pengertian institut dan universitas, sekarang saatnya kita membahas tentang perbedaan yang mendasar antara keduanya, diantaranya adalah:

Orientasi Pendidikan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa institut lebih menekankan pada program studi teknik dan ilmu pengetahuan, sedangkan universitas lebih beragam dengan program studinya, bahkan mencangkup hampir semua program studi ilmu pengetahuan.

Jumlah Program Studi

Baik institut maupun universitas memiliki kurikulum yang berbeda-beda, namun jika dilihat dari jumlah program studi yang mereka tawarkan, Universitas tentu memiliki lebih banyak program studi ketimbang Institut. Dalam hal program studi, Universitas memiliki lingkup yang lebih luas dan mampu menampung banyak jurusan.

BACA JUGA:   Meningkatkan Kualitas Konten Website Anda

Gaya Pembelajaran

Institut dan Universitas tentu memiliki gaya pembelajaran yang berbeda. Pada institut, gaya pembelajaran lebih praktis dibandingkan dengan Universitas yang lebih mengedepankan pembelajaran teori. Ini dikarenakan institut lebih spesifik dalam program studi, sehingga mahasiswanya harus lebih praktis dalam mengejar ilmu dalam bidang tertentu.

Lebih Fokus Atau Lebih Umum?

Institut lebih fokus dalam program studinya dibandingkan dengan universitas yang lebih beragam dengan program studinya. Terlepas dari perbedaan ini, perguruan tinggi manapun yang Anda pilih haruslah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karir Anda.

Kesimpulan

Setelah membahas tentang perbedaan institut dan universitas, Anda dapat memilih perguruan tinggi sesuai dengan minat dan karir yang Anda inginkan. Sebagai calon mahasiswa, Anda harus mempertimbangkan baik-baik antara perguruan tinggi jenis Institut dan Universitas agar dapat memperoleh pendidikan yang lebih sesuai. Tetapi yang harus diingat, apapun jenis perguruan tinggi yang Anda pilih, tujuan utamanya adalah untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.