Skip to content
Home » Perbedaan CPNS dan PNS

Perbedaan CPNS dan PNS

Jangan salah, meskipun seringkali kita mengira CPNS dan PNS adalah dua istilah yang sama, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara CPNS dan PNS secara lengkap dan mendetail.

Pengertian CPNS dan PNS

CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) adalah seseorang yang telah lulus tes seleksi untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) namun belum diangkat menjadi PNS secara resmi. Sedangkan PNS adalah seseorang yang telah diangkat oleh negara dengan hak dan kewajiban yang terikat pada ketentuan-ketentuan tertentu.

Proses Seleksi

Perbedaan pertama antara CPNS dan PNS terletak pada proses seleksi. Proses seleksi CPNS lebih ketat dan rumit dibandingkan dengan proses seleksi PNS. CPNS harus melalui beberapa rangkaian tes yang berbeda seperti tes tertulis, psikotes, wawancara, dan tes kesehatan. Sedangkan PNS hanya membutuhkan tes tertulis saja.

Masa Kerja

Saat diangkat, CPNS memiliki status sebagai pegawai honorer yang memiliki gaji lebih rendah dibandingkan dengan pegawai PNS. CPNS baru diangkat menjadi PNS setelah mengikuti masa kerja selama 2 tahun dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh instansi PNS. Sedangkan PNS yang baru diangkat langsung memiliki status dan hak yang sama dengan PNS lainnya.

Keamanan Kerja

PNS memiliki tingkat keamanan kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan CPNS. PNS memiliki hak untuk melaksanakan tugas dan pekerjaannya tanpa takut akan dipecat atau kehilangan pekerjaannya secara tiba-tiba. Sedangkan CPNS memiliki status sementara sehingga masih rentan untuk kehilangan pekerjaan.

Karir

PNS memiliki kesempatan untuk menempuh karir yang lebih tinggi seperti jabatan eselon atau pejabat pemerintahan. CPNS juga memiliki kesempatan yang sama namun harus menyelesaikan masa kerja selama 2 tahun sebelum dapat dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan antara BCD dan BCH?

Kesimpulan

Dalam artikel ini kita membahas perbedaan antara CPNS dan PNS secara lengkap dan mendetail. Dari beberapa poin di atas, bisa disimpulkan bahwa CPNS dan PNS memang berbeda dalam proses seleksi, masa kerja, keamanan kerja, dan juga karir. Namun, keduanya memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang sebagai PNS yang berkualitas dan profesional. Bagi mereka yang sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan CPNS atau PNS, maka memahami perbedaan antara keduanya sangat penting untuk menentukan pilihan karir ke depan.