Skip to content
Home » Kelebihan dan Kekurangan Virtual Machine

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Machine

Seperti yang telah kita ketahui, virtual machine adalah salah satu teknologi yang sangat penting untuk melakukan virtualisasi. Dalam dunia teknologi, virtual machine merupakan teknologi yang sangat populer dan banyak digunakan oleh banyak orang. Namun, walaupun virtual machine memiliki kelebihan, namun tentu saja ada juga kekurangan dari teknologi ini. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas 5 kelebihan dan kekurangan virtual machine.

Kelebihan Virtual Machine

1. Hemat Biaya

Salah satu kelebihan menggunakan virtual machine adalah dapat menghemat biaya operasional. Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, virtual machine dapat di-instal secara virtual, dengan kata lain satu server fisik dapat di-instal beberapa virtual machine. Hal ini tentunya dapat menghemat biaya perangkat keras, pendingin udara, listrik, dan ruang.

2. Mudah Dikelola

Virtual machine sangat mudah untuk dikelola dan diatur. Dengan virtual machine, kita dapat mengelola dan memonitor server secara remote, dan kita juga dapat mengatur virtual machine pada server fisik. Hal ini tentunya membuat manajemen server menjadi semakin mudah.

3. Scalable

Virtual machine juga sangat scalable. Dalam sebuah data center, kita dapat meningkatkan kapasitas server dengan mudah tanpa harus membeli perangkat keras baru. Dalam hal ini, kita dapat menambah kapasitas secara virtual, sehingga dapat meningkatkan kapasitas server tanpa harus membeli perangkat keras tambahan.

4. Dapat Dijalankan Pada Platform Yang Berbeda

Virtual machine dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda. Hal ini tentunya sangat membantu bagi perusahaan atau organisasi yang memiliki berbagai macam perangkat dan platform. Dalam hal ini, kita tidak perlu khawatir tentang perbedaan platform yang digunakan.

5. Lebih Aman

Virtual machine juga lebih aman dibandingkan dengan menginstal sistem operasi secara lokal. Dalam sebuah virtual machine, kita dapat membuat backup dan snapshot, sehingga apabila terjadi kerusakan pada sistem operasi, kita dapat dengan mudah mengembalikan keadaan pada saat snapshot diambil.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Kelas Maya

Kekurangan Virtual Machine

1. Perlu Sumber Daya Yang Lebih Besar

Virtual machine memerlukan sumber daya yang lebih besar dibandingkan dengan menjalankan sistem operasi secara lokal. Hal ini disebabkan karena dalam sebuah virtual machine, sistem operasi berjalan diatas hypervisor.

2. Dapat Berkurangnya Performa

Kinerja virtual machine juga dapat turun ketika kita menjalankan banyak virtual machine pada sebuah server fisik. Hal ini disebabkan karena sumber daya seperti CPU, memory, dan storage harus dibagi menjadi beberapa virtual machine sehingga kinerja menjadi turun.

3. Kompleks

Virtual machine juga kompleks. Kita harus memahami konsep dan cara kerja dari virtual machine untuk dapat memahami bagaimana virtual machine dapat diatur dan dioperasikan dengan benar.

4. Pemecahan Masalah Yang Sulit

Apabila terjadi masalah pada virtual machine, maka pemecahannya bisa lebih sulit dibandingkan dengan sistem operasi lokal. Kita harus memahami bagaimana hypervisor bekerja dan bagaimana cara memperbaiki masalah pada virtual machine.

5. Konfigurasi Lebih Rumit

Konfigurasi pada virtual machine juga lebih rumit karena kita harus mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti throughput network, degradasi performa, dan pengelolaan sumber daya.

Kesimpulan

Virtual machine memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus kita pertimbangkan sebelum menggunakannya. Dalam artikel ini, kita telah membahas 5 kelebihan dan kekurangan virtual machine. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari virtual machine, kita dapat membuat keputusan yang lebih tepat pada saat menggunakan teknologi ini.