Skip to content
Home » Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C

Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin penting yang dapat ditemukan dalam banyak makanan dan suplemen. Terkenal karena kemampuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga membantu dalam produksi kolagen dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Namun, kekurangan atau kelebihan vitamin C dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan seseorang. Dalam artikel ini, kita akan membahas akibat dari kekurangan dan kelebihan vitamin C.

Akibat Kekurangan Vitamin C

1. Skorbut

Skorbut adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala seperti lemah, kelemahan, sakit gigi, kulit kering dan pecah-pecah, dan masalah tulang.

2. Masalah Kekebalan Tubuh

Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang, jadi kekurangan vitamin C dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

3. Kerusakan Jaringan

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh seseorang.

Akibat Kelebihan Vitamin C

1. Gangguan Pencernaan

Kelebihan vitamin C dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, mual, dan perut kembung.

2. Batu Ginjal

Kelebihan vitamin C dapat meningkatkan risiko batu ginjal, yang dapat menyebabkan sakit dan kesulitan buang air kecil.

3. Gangguan Saluran Kemih

Kelebihan vitamin C juga dapat menyebabkan gangguan saluran kemih, seperti iritasi atau infeksi.

Takeaway

Vitamin C adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan yang baik, tetapi kekurangan atau kelebihannya dapat memiliki dampak yang serius pada tubuh seseorang. Untuk memastikan bahwa Anda memperoleh sejumlah yang tepat, pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan Anda dan ikuti arahan mereka mengenai dosis yang tepat.

BACA JUGA:   10 Kelebihan dan Kekurangan Digital Printing