Skip to content
Home » Alasan Mengapa R Square lebih Baik daripada Adjusted R Square

Alasan Mengapa R Square lebih Baik daripada Adjusted R Square

Jika Anda sering menggunakan model regresi dalam analisis data, pasti Anda sudah akrab dengan istilah R Square dan Adjusted R Square. Kedua istilah tersebut sangat penting dalam mengukur seberapa baik model regresi yang digunakan dalam menjelaskan variabel dependen menggunakan variabel independen. Namun, antara R Square dan Adjusted R Square, mana yang lebih baik?

Pengertian R Square dan Adjusted R Square

Sebelum membahas lebih jauh perbandingan antara R Square dan Adjusted R Square, mari kita ulas dulu pengertian dari kedua istilah tersebut.

R Square

R Square, atau disebut juga sebagai Coefficient of Determination, adalah ukuran yang digunakan untuk mengevaluasi seberapa baik model regresi yang digunakan dalam menjelaskan variabel dependen menggunakan variabel independen. R Square dapat didefinisikan sebagai persentase dari variasi dari variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam model regresi. Semakin tinggi nilai R Square yang diperoleh, semakin baik model regresi yang digunakan.

Adjusted R Square

Adjusted R Square adalah penyesuaian dari R Square yang digunakan dalam model regresi yang memiliki lebih dari sebuah variabel independen. Adjusted R Square merupakan ukuran yang menghitung seberapa baik model regresi dalam menjelaskan variabel dependen menggunakan variabel independen dengan mempertimbangkan jumlah variabel independen yang digunakan. Semakin tinggi nilai Adjusted R Square yang diperoleh, semakin baik model regresi yang digunakan dan semakin akurat prediksinya.

Perbedaan antara R Square dan Adjusted R Square

R Square dan Adjusted R Square merujuk pada ukuran yang sama, yaitu seberapa besar variansi variabel dependen yang bisa dijelaskan oleh variabel independen. Meskipun keduanya menggunakan formula yang hampir sama, ada beberapa perbedaan yang signifikan antara kedua ukuran tersebut.

BACA JUGA:   Perbandingan Massa Magnesium dan Oksigen dalam Magnesium Oksida Adalah

Jumlah Variabel Independen

Perbedaan yang paling mendasar antara R Square dan Adjusted R Square adalah jumlah variabel independen yang digunakan dalam model regresi. R Square digunakan pada model regresi yang hanya memiliki satu variabel independen, sedangkan Adjusted R Square digunakan pada model regresi yang memiliki lebih dari satu variabel independen. Oleh karena itu, Adjusted R Square mengambil bantuan dari konsep kebebasan derajat (degrees of freedom) untuk mempertimbangkan jumlah variabel independen yang digunakan dalam model regresi.

Keakuratan Prediksi

Meskipun R Square memberikan informasi tentang seberapa besar variansi variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam model regresi, namun R Square tidak memberikan informasi apapun tentang akurasi prediksi dari model regresi tersebut. Dalam hal ini, Adjusted R Square lebih unggul daripada R Square karena dapat menjelaskan jumlah variabel independen yang digunakan dalam model regresi.

Penggunaan dalam Penelitian

Ketika melakukan penelitian, penting untuk mempertimbangkan apakah model regresi yang digunakan hanya menggunakan satu variabel independen atau lebih dari satu variabel independen. Jika hanya menggunakan satu variabel independen, maka penggunaan R Square lebih disarankan. Namun, jika model regresi menggunakan lebih dari satu variabel independen, maka sebaiknya menggunakan Adjusted R Square.

Kesimpulan

Dalam mengukur kebaikan model regresi, baik R Square maupun Adjusted R Square memiliki peran penting dalam memberikan informasi tentang seberapa besar variansi variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam model regresi. Namun, jika model regresi menggunakan lebih dari satu variabel independen, Adjusted R Square lebih disarankan daripada R Square karena dapat mempertimbangkan jumlah variabel independen yang digunakan dan memberikan informasi tentang keakuratan prediksi model regresi. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kedua ukuran ini dalam melakukan penelitian dan analisis data.

BACA JUGA:   Perbandingan Mitosis dan Meiosis