Skip to content
Home » Alasan Teripang Lebih Berkerabat dengan Ikan Dibandingkan dengan Udang

Alasan Teripang Lebih Berkerabat dengan Ikan Dibandingkan dengan Udang

Teripang merupakan jenis hewan laut yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional. Meskipun bentuknya mirip dengan udang, tetapi sebenarnya teripang lebih berkerabat dengan ikan. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi, di antaranya adalah:

Struktur Anatomi

Teripang memiliki struktur anatomi yang lebih mirip dengan ikan. Mereka memiliki insang seperti ikan, dan memiliki lubang untuk mengeluarkan kotoran yang mirip dengan dubur pada ikan. Sementara itu, udang memiliki struktur anatomi yang berbeda, yakni memiliki cakar untuk menggali tanah serta sepasang kaki renang.

Pembuahan

Cara teripang melakukan pembuahan lebih mirip dengan ikan. Teripang jantan mengeluarkan sperma yang akan diterima oleh teripang betina. Sementara itu, udang jantan menggunakan kaki renangnya untuk menyalurkan sperma ke dalam kantung telur di udang betina.

Pengecapan

Teripang dan ikan sama-sama memiliki kemampuan untuk mengecap dengan bantuan rasa elektro. Di sisi lain, udang tidak memiliki kemampuan ini.

Meskipun demikian, teripang tetap memiliki perbedaan dengan ikan. Salah satunya adalah teripang tidak memiliki tulang belakang seperti ikan. Teripang juga mampu menghabiskan waktu yang lama di darat, yang tidak bisa dilakukan oleh ikan.

Manfaat Teripang

Teripang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Beberapa jenis teripang bahkan telah dijadikan bahan dasar pembuatan obat-obatan modern. Teripang mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, kalsium, serta kandungan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit.

Cara Mengolah Teripang

Bagi yang ingin mencoba mengolah teripang, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Teripang bisa direbus dan dihidangkan dengan bumbu yang kaya akan rasa. Selain itu, teripang bisa dijadikan bahan mentah dalam bentuk suplemen atau obat tradisional.

BACA JUGA:   Perbandingan Antara Sistem Kemudi Konvensional dengan Sistem Kemudi EPS

Kesimpulan

Meskipun bentuknya mirip dengan udang, teripang sebenarnya lebih berkerabat dengan ikan. Hal ini karena struktur anatomi, cara melakukan pembuahan, serta kemampuan mengecap. Teripang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional. Bagi yang ingin mencoba mengolah teripang, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan.