Skip to content
Home » Analisa Perbandingan Kebijakan Pariwisata Indonesia Thailand

Analisa Perbandingan Kebijakan Pariwisata Indonesia Thailand

Industri pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia dan Thailand. Kedua negara ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun internasional. Namun, bagaimana kebijakan pariwisata di kedua negara tersebut?

Kebijakan Pariwisata Indonesia

Pemerintah Indonesia memiliki berbagai kebijakan pariwisata yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi wisata di Indonesia. Beberapa kebijakan penting yang telah dilakukan antara lain:

Visa-Free dan Visa On Arrival

Pemerintah Indonesia memberikan kemudahan bagi wisatawan asing dengan memberikan bebas visa kunjungan bagi banyak negara. Selain itu, pemerintah juga memberikan visa on arrival bagi wisatawan asing di 5 bandara dan 9 pelabuhan laut di Indonesia.

Peningkatan Fasilitas Wisata

Pemerintah Indonesia telah meningkatkan fasilitas wisata seperti infrastruktur, transportasi, akomodasi, serta pelayanan wisata. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas wisata di Indonesia sehingga wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.

Promosi Pariwisata

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan sektor swasta dalam melakukan promosi pariwisata Indonesia ke berbagai negara. Selain itu, pemerintah juga menggunakan media sosial dan platform digital untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Namun, meskipun telah ada banyak kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, masih banyak masalah yang dihadapi seperti infrastruktur yang kurang memadai, keamanan dan kenyamanan yang belum optimal, serta birokrasi yang rumit dan sulit.

Kebijakan Pariwisata Thailand

Thailand dianggap sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Asia. Kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah Thailand juga sangat mendukung perkembangan sektor pariwisata. Beberapa kebijakan pariwisata Thailand antara lain:

BACA JUGA:   15 Macam Majas Perbandingan yang Meningkatkan Kualitas Tulisan

Visa-Free

Pemerintah Thailand memberikan bebas visa untuk wisatawan asing dari banyak negara. Hal ini memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Thailand.

Kemudahan Investasi

Pemerintah Thailand memberikan kemudahan bagi investor yang ingin berinvestasi di sektor pariwisata Thailand. Hal ini meningkatkan kualitas infrastruktur dan fasilitas wisata di Thailand.

Promosi Pariwisata

Pemerintah Thailand memasarkan pariwisata Thailand ke seluruh dunia melalui berbagai media seperti iklan di televisi, majalah, dan website resmi. Selain itu, mereka juga menggunakan festival dan event wisata besar untuk mempromosikan wisata Thailand.

Analisis Perbandingan Kebijakan Pariwisata Indonesia dan Thailand

Meskipun kedua negara telah melakukan berbagai kebijakan pariwisata, Thailand tetap menjadi negara paling banyak dikunjungi wisatawan asing di Asia Tenggara. Ada banyak faktor yang memengaruhi, termasuk kualitas infrastruktur dan fasilitas wisata, pelayanan wisata, dan kemudahan dalam mendapatkan visa. Dari analisis tersebut, Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah dalam pengembangan sektor pariwisata.

Namun, Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata. Tanah air kita memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam, serta potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan. Pemerintah Indonesia perlu melakukan pembenahan infrastruktur dan fasilitas wisata, serta meningkatkan pelayanan yang memuaskan bagi para wisatawan.

Kesimpulan

Dalam upaya meningkatkan sektor pariwisata, pemerintah Indonesia dan Thailand telah melaksanakan berbagai kebijakan untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke kedua negara. Namun, Indonesia perlu meningkatkan kualitas infrastruktur dan fasilitas wisata, serta memperbaiki pelayanan wisata untuk menarik minat wisatawan asing. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara tetangga dalam sektor pariwisata.