Skip to content
Home » Apa Beda Guest House dan Homestay

Apa Beda Guest House dan Homestay

Jika kamu sedang merencanakan liburan atau perjalanan bisnis ke luar kota, salah satu yang sering dihadapi adalah menentukan tempat menginap yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Saat ini, ada banyak pilihan akomodasi yang bisa kamu pilih dan salah satu di antaranya adalah guest house dan homestay. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa beda guest house dan homestay? Berikut ulasannya.

Guest House

Guest house adalah akomodasi yang sering dikelola oleh pemilik rumah atau pengelola properti. Guest house biasanya memiliki beberapa kamar tidur yang disewakan secara harian, mingguan, atau bulanan. Kamar tidur biasanya dihias dengan sederhana namun tetap nyaman dan bersih. Di dalam guest house biasanya terdapat ruang tamu, dapur, dan kamar mandi yang bersama-sama digunakan oleh para tamu.

Harga sewa di guest house bervariasi tergantung pada fasilitas yang disediakan dan lokasi. Beberapa guest house menyediakan sarapan atau makanan ringan seperti kue dan kopi secara gratis atau dengan biaya tambahan. Guest house biasanya menargetkan para wisatawan atau pelancong yang membutuhkan tempat beristirahat yang murah dan nyaman.

Homestay

Sedangkan homestay adalah akomodasi yang di dalamnya terdapat hunian yang disewakan oleh pemilik rumah atau penduduk setempat. Berbeda dengan guest house, di homestay tamu akan tinggal di hunian yang sama dengan pemilik atau penduduk setempat. Pada dasarnya homestay memberikan pengalaman lebih dalam mengenal kehidupan lokal dan budaya setempat.

Kamar tidur pada homestay biasanya lebih sederhana daripada guest house karena memang fungsinya sebagai tempat tidur dan istirahat. Tetapi tetap nyaman dan bersih. Ada juga homestay yang menyediakan beberapa kamar tidur seperti guest house, tetapi biasanya hanya disewakan untuk satu keluarga atau satu rombongan saja.

BACA JUGA:   Perbedaan Otot Kering dan Basah

Harga sewa di homestay juga bervariasi tergantung pada fasilitas dan lokasi. Beberapa homestay menyediakan makanan dan minuman secara gratis atau dengan biaya tambahan. Homestay biasanya menargetkan para wisatawan atau pelancong yang ingin merasakan pengalaman hidup seperti penduduk setempat.

Perbedaan Utama

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan utama antara guest house dan homestay adalah pada lokasi dan pengalaman yang ditawarkan. Guest house lebih seperti hotel mini yang dikelola oleh pemilik atau pengelola properti. Sedangkan homestay lebih seperti tinggal di rumah warga setempat.

Pada guest house, kamu bisa merasakan pengalaman menginap yang nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap dan dirancang khusus untuk para tamu. Kamu hanya sekedar bermalam dan beristirahat di tempat yang murah dan nyaman. Jadi, jika kamu ingin merasa seperti tinggal di hotel, guest house bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di sisi lain, homestay menawarkan pengalaman yang lebih dalam mengenai budaya dan kehidupan lokal. Kamu bisa merasakan bagaimana cara hidup dan makanan yang biasa dimakan oleh penduduk setempat. Selain itu, kamu juga bisa mendapat teman baru dan mengenal lebih dekat budaya Indonesia. Kamu bisa merasakan lebih intim lagi sensasi tinggal di Indonesia dengan menetap di homestay.

Kesimpulan

Pada akhirnya, pemilihan antara guest house dan homestay tergantung pada kebutuhan dan selera pribadi. Jika kamu mencari pengalaman menginap dengan fasilitas yang lengkap seperti hotel dan merasa nyaman dengan suasana yang serupa, maka guest house adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kamu mencari pengalaman yang lebih dalam mengenai budaya dan kehidupan lokal, serta merasa nyaman tinggal bersama pemilik atau warga setempat, maka homestay sebaiknya menjadi pilihan yang kamu pertimbangkan. Cobalah kedua opsi tersebut dan cari tahu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

BACA JUGA:   Apa Itu Kredit dan Debit?