Skip to content
Home » Apa Beda Java dan JavaScript?

Apa Beda Java dan JavaScript?

Saat ini, bahasa pemrograman sedang menjadi tren di dunia teknologi. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat dipelajari. Diantaranya adalah Java dan JavaScript. Keduanya terdengar sama, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan fundamental. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci apa itu Java dan JavaScript serta apa bedanya antara keduanya.

Java

Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer digunakan di seluruh dunia untuk pengembangan aplikasi desktop dan mobile. Bahasa ini mulai diperkenalkan pada tahun 1995 oleh James Gosling di Sun Microsystems. Bahasa ini terkenal karena kemampuannya yang sangat baik dalam pengembangan aplikasi besar yang kompleks. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan sangat modular.

Banyak aplikasi populer yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java, seperti Android Studio, Minecraft, dan Adobe Creative Suite. Bahasa Java juga dapat dijalankan pada berbagai platform, seperti Windows, Linux, dan Mac.

JavaScript

JavaScript, di sisi lain, adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi web interaktif. Bahasa ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 oleh Brendan Eich di Netscape. JavaScript dapat bekerja pada semua jenis perangkat, seperti desktop, tablet, dan smartphone.

JavaScript terkenal karena kemampuannya dalam membuat situs web yang interaktif dan menarik. Bahasa ini digunakan untuk menambahkan efek visual dan efek antarmuka pengguna (UI) pada situs web. Selain itu, JavaScript digunakan untuk mengembangkan aplikasi web lainnya, seperti sistem manajemen konten, aplikasi perangkat lunak, dan bahkan game.

Apa Perbedaan Antara Java dan JavaScript?

Setelah mengetahui definisi dari masing-masing bahasa pemrograman, kini saatnya untuk membahas sedikit lebih dalam apa perbedaan antara Java dan JavaScript yang seringkali menimbulkan kebingungan.

BACA JUGA:   12 Apa Bedanya Kangkung Sama Onta

1. Jenis Bahasa Pemrograman

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, sementara JavaScript bukanlah bahasa pemrograman berorientasi objek, meskipun mendukung konsep berorientasi objek. Java lebih berfokus pada penggunaan kelas, objek, dan metode, sedangkan JavaScript lebih fokus pada variable, fungsi, dan objek.

2. Platform

Java dapat dijalankan pada berbagai platform, seperti Windows, Linux, dan Mac, sementara JavaScript hanya dapat dijalankan pada platform tertentu, seperti browser web dan beberapa perangkat lunak yang mendukung JavaScript.

3. Bahasa Pemrograman

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop, mobile, dan web, sementara JavaScript hanya dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web.

4. Kompleksitas

Java lebih kompleks dibandingkan dengan JavaScript. Karena Java adalah bahasa pemrograman berorentasi objek yang sangat modular, kode yang ditulis dalam bahasa ini biasanya lebih panjang dan kompleks. Sementara dalam JavaScript, aplikasi yang dihasilkan lebih sederhana dan langsung dapat dijalankan di browser.

Conclusion

Sekarang, Anda telah mengetahui perbedaan utama antara Java dan JavaScript. Java digunakan hampir di seluruh platform dan digunakan untuk mengembangkan aplikasi besar yang kompleks, sedangkan JavaScript digunakan untuk membuat aplikasi web interaktif. Keduanya memiliki kegunaan yang berbeda dan sangat berguna untuk pengembangan perangkat lunak.

Jika Anda seorang pengembang perangkat lunak, maka Anda harus mengetahui perbedaan antara keduanya dan memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk digunakan dalam project Anda. Mari terus belajar tentang bahasa pemrograman lainnya dan menemukan kreativitas yang setinggi langit!