Skip to content
Home » Apa Beda Jurusan dan Fakultas?

Apa Beda Jurusan dan Fakultas?

Pendahuluan

Anda mungkin sudah mendengar istilah "jurusan" dan "fakultas" ketika memilih program studi untuk kuliah. Mungkin Anda berpikir mereka adalah sinonim dan dapat digunakan secara bergantian. Namun, sebenarnya ada perbedaan antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang perbedaan antara jurusan dan fakultas.

Fakultas

Fakultas adalah salah satu dari bagian-bagian universitas yang memiliki beberapa program studi atau jurusan. Fakultas adalah sebuah divisi administrasi di universitas yang mengatur beberapa jurusan tertentu. Fakultas terdiri dari beberapa departemen yang mempertahankan program jarak jauh bersama. Sebagai contoh, Fakultas Ekonomi di suatu universitas dapat memiliki jurusan Manajemen, Akuntansi, Keuangan, atau Pemasaran.

Sebuah fakultas akan dipimpin oleh seorang dekan. Setiap departemen mempunyai kepala departemen dan fakultas berfungsi sebagai pusat pengelolaan bagi departemen tersebut. Fakultas juga menyediakan kursus secara umum melalui program akademik core dan kegiatan ekstrakurikuler.

Jurusan

Jurusan dalam universitas mengacu pada program studi yang menawarkan spesialisasi di bidang tertentu. Sebuah jurusan dapat dipelajari di bawah fakultas tertentu. Sebagai contoh, jurusan manajemen akan dipelajari di bawah Fakultas Ekonomi.

Seorang mahasiswa akan memilih jurusan ketika mendaftar untuk kuliah, yang nantinya mereka akan fokus pada program studi tertentu selama tiga hingga empat tahun. Program jurusan ditetapkan oleh universitas yang memiliki kurikulum dan persyaratan yang berbeda untuk setiap jurusan.

Perbedaan antara Jurusan dan Fakultas

Salah satu perbedaan antara jurusan dan fakultas adalah bahwa fakultas mengatur beberapa jurusan, sementara jurusan adalah program studi yang dipelajari oleh mahasiswa di bawah fakultas tertentu. Jurusan menawarkan spesialisasi dalam bidang tertentu, sedangkan fakultas berfungsi sebagai administrasi pusat bagi beberapa jurusan yang terkait.

BACA JUGA:   Perbedaan Foundation Make Over Powerstay dan Ultra Cover

Pilihan jurusan bisa menjadi faktor penting dalam memilih universitas. Beberapa universitas dapat menawarkan program jurusan yang lebih luas atau spesifik dibandingkan dengan universitas lain. Ini juga dapat mempengaruhi keseluruhan pengalaman kuliah, karena program studi memberikan landasan akademis pada karir di masa depan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, jurusan dan fakultas adalah bagian penting dari universitas. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa fakultas mengatur beberapa jurusan, sementara jurusan merupakan program studi yang mahasiswa pilih untuk belajar di dalam fakultas tertentu. Meskipun keduanya terkait, jurusan dan fakultas memiliki tanggung jawab yang berbeda untuk memastikan kesuksesan akademik mahasiswa.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan perbedaan antara jurusan dan fakultas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara jurusan dan fakultas di universitas. Terima kasih telah membaca!