Skip to content
Home » Apa Beda Keratin dan Smoothing?

Apa Beda Keratin dan Smoothing?

Jika Anda sedang mencari cara untuk merawat rambut yang frizzy atau kasar, mungkin Anda sedang mempertimbangkan antara keratin dan smoothing. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara keratin dan smoothing? Mari kita bahas satu per satu.

Apa itu Keratin?

Keratin adalah bahan protein yang secara alami terdapat dalam rambut. Ketika rambut rusak, keratin bisa mengalami kehilangan, akibat penggunaan bahan kimia yang berlebihan atau kerusakan akibat panas. Produk keratin melakukan treatment dengan membungkus rambut dengan protein keratin buatan. Ketika rambut Anda diberi treatment keratin, rambut Anda akan terlihat lebih sehat dan berkilau, serta menjadi lebih mudah diatur.

Apa itu Smoothing?

Smoothing dilakukan dengan cara melembutkan rambut, menghilangkan keriting, dan menjaganya tetap lurus. Smoothing dilakukan dengan cara meratakan lapisan rambut dan membuka kutikula, sehingga sangat cocok untuk mereka yang memiliki rambut yang kaku dan tersangkut. Ini dilakukan dengan menggunakan bahan kimia seperti formaldehid atau bahan kimia yang kurang mengiritasi, seperti ammonium thioglycolate. Tujuannya adalah memberikan rambut tampak halus, lurus, dan mudah diatur.

Apa perbedaan antara Keratin dan Smoothing?

Meskipun keratin dan smoothing dapat membantu merawat rambut dengan cara yang berbeda, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara keratin dan smoothing:

Hasil Akhir

Hasil keratin adalah rambut yang lebih sehat dan lebih berkilau dengan tekstur yang lebih halus karena protein keratin buatan yang menempel pada batang rambut. Dalam hal smoothing, hasilnya rambut yang sangat halus, lurus dengan permukaan yang lebih datar.

BACA JUGA:   Jenis-jenis RDA: Panduan Lengkap untuk Pemula

Waktu Treatment

Treatment keratin pada umumnya membutuhkan waktu minimal 60 menit, tergantung pada panjang rambut. Sementara itu, smoothing membutuhkan waktu yang lebih lama, tergantung pada jenis rambut. Jadi, jika Anda ingin hasil akhir rambut yang lurus, Anda harus memiliki lebih banyak waktu untuk treatment smoothing.

Harga

Harga keratin lebih murah dibandingkan smoothing. Ini karena treatment keratin dilakukan dengan protein buatan, sementara harga smoothing sedikit lebih mahal karena melibatkan bahan kimia yang lebih kuat.

Efek Samping

Karena keratin merupakan bahan protein yang alami terdapat di rambut, treatment keratin akan menghasilkan efek samping yang minimal. Namun, smoothing memiliki bahan kimia yang kuat, sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit, serta bisa memengaruhi kesehatan rambut jangka panjang.

Kesimpulan

Jadi, apa yang harus dipilih antara keratin dan smoothing? Keputusan tergantung pada kebutuhan dan kondisi rambut Anda. Jika Anda ingin menjaga rambut Anda tetap sehat dan memiliki kilau yang alami, treatment keratin mungkin cocok untuk Anda. Namun, jika Anda ingin rambut Anda lebih lurus dan terlihat halus, smoothing adalah pilihan yang lebih baik. Selalu hati-hati ketika memilih treatment untuk rambut, dan pastikan bahwa Anda memilih treatment yang aman, ampuh untuk jenis rambut yang sesuai, dan menghasilkan hasil yang Anda inginkan.