Skip to content
Home » Apa Beda Latte dan Cappuccino

Apa Beda Latte dan Cappuccino

Kalau kamu sering mengunjungi kedai kopi, pasti kamu tahu tentang kopi latte dan cappuccino. Namun, tahukah kamu apa bedanya kopi latte dan cappuccino? Bahkan, ada beberapa orang yang menganggap keduanya sama saja.

Padahal sebenarnya ada beberapa perbedaan antara kopi latte dan cappuccino. Kedua minuman kopi ini bisa dinikmati baik di pagi hari ketika memulai hari, maupun sebagai teman saat bekerja di kantor atau bersantai di akhir pekan.

Berikut penjelasan tentang perbedaan antara kopi latte dan cappuccino:

1. Komposisi kopi

Satu-satunya perbedaan dari kopi latte dan cappuccino adalah komposisi susu dan kopi. Latte terdiri dari susu yang lebih banyak sedangkan cappuccino terdiri dari lebih banyak kopi espresso dan sedikit susu.

Latte biasanya terdiri dari tiga bagian: satu bagian espresso, dua bagian susu, dan satu bagian foam susu. Sedangkan, cappuccino terdiri dari satu bagian espresso, satu bagian susu steamed, dan satu bagian foam susu.

2. Tekstur dan penampilan

Latte dan cappuccino juga memiliki perbedaan dalam hal tekstur dan penampilan. Latte biasanya memiliki tekstur halus dan kental. Sementara itu, cappuccino memiliki tekstur yang lebih ringan dan lebih sedikit foam susu.

Perbedaan dalam penampilan juga terletak pada tinggi dan volume cup. Cappuccino biasanya disajikan dalam cup yang lebih kecil dari latte.

3. Kafein

Dalam hal kafein, kedua kopi memiliki kandungan yang sama. Namun, karena perbedaan bagian susu dan espresso, efek kafein dari kopi latte dan cappuccino bisa berbeda.

Latte yang terdiri dari sedikit espresso dan banyak susu biasanya lebih ringan dalam efek kafein. Sementara cappuccino yang terdiri dari lebih banyak espresso, memiliki efek kafein yang lebih kuat.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Antara Rangkaian Paralel dan Rangkaian Seri?

Kesimpulan

Sekarang sudah jelas bahwa kopi latte dan cappuccino memiliki perbedaan dalam hal komposisi, tekstur dan penampilan, serta efek kafein. Keduanya memiliki rasa yang hampir sama, namun kandungan kopi yang berbeda menghasilkan pengalaman minum kopi yang berbeda.

Jangan ragu untuk mencoba keduanya dan rasakan perbedaan yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!