Skip to content
Home » Apa Beda Layanan Transfer Online LLG dan RTGS

Apa Beda Layanan Transfer Online LLG dan RTGS

Di zaman yang serba cepat seperti sekarang, layanan perbankan terus mengalami kemajuan untuk memudahkan kita sebagai penggunanya. Salah satu layanan perbankan yang paling sering digunakan adalah transfer online.

Dalam layanan transfer online, terdapat beberapa jenis transfer yang dapat dilakukan, antara lain LLG dan RTGS. Bagi sebagian orang, mungkin masih bingung apa itu LLG dan RTGS. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan perbedaan antara layanan transfer online jenis LLG dan RTGS.

Apa Itu LLG?

LLG adalah kependekan dari Local Gross Transfer yang merupakan layanan transfer dana antarbank dalam satu wilayah atau kota. LLG umumnya digunakan untuk transfer antar bank dengan nilai transfer yang relatif kecil. Biasanya, batas maksimal transfer LLG ditetapkan oleh masing-masing bank dan dapat berbeda-beda.

Proses transfer LLG membutuhkan waktu hingga beberapa jam untuk diproses oleh bank. Hal ini disebabkan karena proses verifikasi transfer dilakukan oleh masing-masing bank dan harus memeriksa terlebih dahulu keabsahan rekening yang ditransfer dan ketersediaan saldo yang cukup.

Apa Itu RTGS?

RTGS adalah kependekan dari Real Time Gross Settlement yang merupakan layanan transfer antarbank dengan nilai transfer yang besar dengan jaminan transfer dana secara real-time. Umumnya, nilai transfer RTGS dimulai dari nilai tertentu hingga batas maksimum yang ditetapkan oleh masing-masing bank.

Proses transfer RTGS membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan LLG, yaitu secara real-time. Namun, hal ini juga tergantung pada waktu proses verifikasi yang dilakukan oleh masing-masing bank.

Perbedaan Utama Antara LLG dan RTGS

Terdapat beberapa perbedaan utama antara layanan transfer online LLG dan RTGS, antara lain:

  1. Nilai Transfer – LLG umumnya digunakan untuk transfer uang dengan nilai yang relatif kecil, sedangkan RTGS digunakan untuk transfer uang dengan nilai yang lebih besar dengan batas minimum yang ditetapkan oleh masing-masing bank.

  2. Waktu Proses – Proses transfer LLG membutuhkan waktu beberapa jam untuk diproses oleh bank, sedangkan RTGS dilakukan secara real-time dengan waktu proses yang lebih cepat.

  3. Biaya – Biaya transfer LLG umumnya lebih murah dibandingkan dengan RTGS, dalam hal tertentu biaya LLG bisa gratis berbeda dengan RTGS yang memang dikenakan biaya.

BACA JUGA:   Perbedaan Yahudi dan Kristen

Kesimpulan

Sekarang, Anda sudah memahami perbedaan antara LLG dan RTGS. Sebelum melakukan transfer, pastikan Anda memperhatikan nilai transfer, batas maksimal transfer, dan waktu proses yang dibutuhkan oleh bank untuk memproses transfer Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa biaya yang dikenakan oleh bank untuk layanan transfer yang Anda gunakan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memilih layanan transfer yang tepat.