Skip to content
Home » Apa Beda Microsoft 365?

Apa Beda Microsoft 365?

Apakah Anda pernah bingung tentang apa beda Microsoft 365 dengan Microsoft Office? Microsoft 365 sekarang menjadi lebih populer daripada Office dan banyak orang masih belum tahu tentang perbedaan antara keduanya. Kedua produk ini memiliki banyak persamaan tetapi juga memiliki perbedaan yang signifikan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang perbedaan antara Microsoft 365 dan Office.

Apa itu Microsoft 365?

Microsoft 365 adalah versi terbaru dari Microsoft Office yang mencakup lebih banyak fitur dan keamanan. Produk ini menggabungkan aplikasi desktop Office yang sudah dikenal dengan layanan cloud berbasis langganan. Microsoft 365 juga menawarkan layanan pengelolaan perangkat, keamanan, dan komunikasi dengan karyawan. Ini membuat Microsoft 365 menjadi produk yang lebih lengkap dan memberikan pengguna lebih banyak pilihan daripada Office.

Apa itu Microsoft Office?

Microsoft Office adalah paket aplikasi desktop yang terdiri dari beberapa aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook. Produk ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1989 dan menjadi sangat populer di seluruh dunia. Microsoft Office memiliki fungsi pengolahan kata, lembar kerja, presentasi, dan email. Office menjadi penting bagi pelajar, mahasiswa, dan profesional karena keakuratannya dalam mengolah dokumen dan presentasi.

Perbedaan Fitur Antara Microsoft 365 dengan Office

Perbedaan terbesar antara Microsoft 365 dan Office adalah fitur yang ditawarkan oleh Microsoft 365. Microsoft 365 menawarkan lebih banyak fitur seperti Teams, Groups, dan Bookings. Selain itu, Microsoft 365 juga memiliki fitur keamanan yang lebih lengkap seperti enkripsi email, pengamanan data, dan pengelolaan perangkat. Microsoft 365 juga menyediakan kemampuan untuk menyimpan dan berbagi file melalui cloud yang berkualitas. Office tidak mempunyai fitur-fitur tersebut.

BACA JUGA:   Bedanya Tumor dan Kanker

Model Berlangganan

Microsoft 365 berbeda dengan Office karena model pembayarannya. Microsoft 365 dibayar setiap tahunnya dan model subscription-nya memungkinkan pengguna untuk memiliki akses ke fitur terbaru. Office hanya memungkinkan pengguna untuk membelinya sekali dan kemudian tidak perlu membayar tahunan.

Kustomisasi

Microsoft 365 memberikan kemampuan kustomisasi yang lebih besar daripada Office. Pengguna dapat menambahkan dan menghapus aplikasi dari paket Office. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengatur dan memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Keamanan dan Perlindungan Data

Microsoft 365 menyediakan berbagai lapisan keamanan dan perlindungan data untuk pelanggan bisnis. Ini mencakup enkripsi email, kontrol akses ponsel, pengendalian hak akses, keamanan dokumen, dan manajemen perangkat. Office tidak mempunyai fitur-fitur tersebut.

Keuntungan Menggunakan Microsoft 365

Dalam bisnis, penggunaan Microsoft 365 memiliki banyak keuntungan. Pertama, pengguna akan memiliki akses ke aplikasi Office serta fitur terbaru dari Microsoft. Kedua, penggunaan Microsoft 365 akan memberikan keamanan dan perlindungan data untuk bisnis. Ketiga, customisasi produk berarti pengguna dapat membayar hanya untuk aplikasi yang mereka butuhkan.

Kesimpulan

Secara singkat, Microsoft 365 menyediakan lebih banyak fitur dan keamanan daripada Microsoft Office. Microsoft 365 juga menggunakan sistem berlangganan tahunan secara online yang memungkinkan pengguna untuk memiliki akses ke fitur terakhir yang dikeluarkan oleh Microsoft. Hal ini membuat Microsoft 365 menarik bagi pelanggan yang membutuhkan paket aplikasi yang lengkap dengan fitur keamanan dan perlindungan data. Jadi, bagi pelanggan bisnis yang menginginkan fitur lengkap dan aman, Microsoft 365 adalah pilihan yang lebih baik daripada Office.