Skip to content
Home » Apa Beda Netbook dan Notebook?

Apa Beda Netbook dan Notebook?

Jika kamu berencana untuk membeli laptop, hal yang sering menjadi pertanyaan adalah "apa beda netbook dan notebook?" Kedua jenis komputer portabel ini memiliki penampilan dan dimensi yang hampir sama, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan. Agar kamu bisa membuat keputusan yang bijak saat membeli laptop, dalam artikel kali ini akan kita bahas perbedaan netbook dan notebook yang umumnya ditemukan di pasaran.

Netbook

Netbook adalah jenis laptop yang ukurannya lebih kecil dibandingkan jenis laptop lain, biasanya hanya berkisar 10-12 inci. Ukurannya yang kecil membuatnya lebih portabel dan mudah dibawa ke mana saja, bahkan ke dalam tas laptop kecil sekalipun. Netbook biasanya memiliki spesifikasi hardware yang terbatas, seperti RAM yang kecil dan prosesor berkinerja rendah. Maka, untuk kebutuhan tugas berat seperti editing video atau gaming, netbook tidak cocok digunakan.

Netbook pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 oleh perusahaan Asus. Waktu itu netbook cukup populer karena harganya yang murah dan portabilitasnya. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, dan smartphone dengan layar yang semakin besar, popularitas netbook mulai menurun. Beberapa tahun belakangan, netbook sudah jarang diproduksi lagi oleh produsen-perusahaan elektronik.

Notebook

Notebook adalah jenis laptop yang lebih besar dan lebih berat dibanding netbook, biasanya memiliki layar yang lebih besar, baik widescreen maupun 4:3, dengan ukuran minimal 14 inci. Dibandingkan netbook, notebook memiliki spesifikasi hardware yang lebih unggul dan berkinerja lebih baik dan sangat cocok digunakan untuk kebutuhan tugas yang lebih berat seperti desain grafis atau programming. Notebook memiliki fitur yang bervariasi, mulai dari DVD-ROM, USB port, hingga koneksi LAN dan Wi-Fi.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Metagenesis antara Lumut dan Tumbuhan Paku?

Ditahun yang sama, 2007, Asus juga merilis laptop dengan ukuran yang lebih besar, menggunakan istilah "notebook" bukan "laptop". Walaupun sebagian besar hardware pada notebook sudah lebih unggul dibandingkan netbook, tetapi hasrat pasar terhadap netbook membuat produsen tetap memproduksinya. Meski harganya lebih mahal dibanding netbook, notebook masih diandalkan untuk kebutuhan profesional maupun pemakaian sehari-hari.

Perbedaan Antara Netbook dan Notebook

Setelah membahas definisi dan karakteristik dari kedua jenis laptop, sekarang mari kita lihat perbedaan utama antara netbook dan notebook :

  1. Ukuran : Secara umum, netbook lebih kecil dibandingkan notebook, sehingga lebih portabel. Banyak orang yang memilih netbook karena kemampuan portabelnya, sementara notebook biasanya lebih sulit untuk dibawa-bawa.

  2. Performa : Kesimpulannya, netbook lebih rendah jika dilihat dari sisi performa hardware. Ini karena spesifikasi hardware pada netbook lebih terbatas dibandingkan notebook. Dalam hal ini, notebook memiliki spesifikasi hardware yang unggul dan mampu menjalankan tugas-tugas yang berat.

  3. Fitur : Fitur dari netbook dan notebook relatif berbeda. Netbook biasanya hanya memiliki fitur dasar seperti USB, port RJ-45, card reader, dan speaker. Sementara pada notebook, fiturnya lebih lengkap seperti DVD-ROM, LAN, Wi-Fi, Bluetooth, dan lain-lain.

Kesimpulan

Ketika memilih apakah ingin membeli netbook atau notebook, kamu harus mempertimbangkan kebutuhanmu. Netbook sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan laptop dengan portabilitas tinggi, konsumsi daya rendah dan menggunakan aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan notebook lebih cocok untuk mereka yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi hardware yang lebih tinggi untuk editing video, desain grafis atau gaming. Namun, kamu harus siap mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membeli notebook karena harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan netbook.

BACA JUGA:   Perbedaan Kampas Rem Depan dan Belakang Nmax

Dalam dunia teknologi, kemajuan yang pesat membuat gadget menjadi lebih canggih dan beragam. Sesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas kita, kita bisa memilih manakah jenis gadget yang cocok untuk kita. Bagi kamu pecinta teknologi atau yang sering menggunakan gadget, mari bersama-sama menikmati perkembangan dunia teknologi yang semakin maju dan canggih.